Dandim 0116/Nagan Raya: Pacu Terus Serapan Gabah Petani Guna Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional

Nagan Raya, Hal ini disampaikan Komandan Kodim 0116/Nagan Raya, Letkol Kav Mochamad Wahyudi, S.I.P.,M.Tr (Han) saat melakukan peninjauan panen padi di desa Alue Ie Mameh, Kecamatan Kuala Nagan Raya seluas 1 Ha, Selasa (20/3/18).

Dandim 0116/Nara  mengungkapkan, bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai upaya Kodim 0116/Nagan Raya dalam membantu meningkatkan pencapaian target Sergap di wilayah Kabupaten Nagan Raya dengan mengerahkan Babinsa untuk mendirikan Posko Serapan Gabah di wilayah desa binaan masing-masing

Dalam kesempatan itu Dandim 0116/Nara didampingi Danposramil Suka Makmue, Serma Sutrisno melihat langsung proses panen padi dengan menggunakan  mesin perontok padi KUBOTA DC-70 – Jenis mesin perontok padi modern yang saat ini paling banyak di gunakan para petani sawah.

Sesuai himbauan dari Menteri Pertanian RI Ir. Andi Amran Sulaiman saat  acara “Tanam, Panen dan Serap Gabah Petani” di Desa Wanareja, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap Jawa Tengah tanggal 10 Maret 2017, agar kepada para Babinsa, Kepala Desa dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) untuk membantu pemerintah dalam program serap gabah petani. Diharapkan dengan bantuan para petugas lapangan tersebut penyerapan gabah petani dapat lebih maksimal selain terus menerus memantau perkembangannya.

“Serapan Gabah ini harus kita pacu untuk memenuhi target pemenuhan beras Bulog, hal ini menindaklanjuti kerjasama antara TNI AD, Dinas Pertanian, dan Bulog dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional”, pungkas Dandim.