logo
logo
"Selamat datang di situs Website Komando Daerah Militer Iskandar Muda"

Metode Kampanye Sepanjang Tahun Guna Peningkatan Kualitas SDM Calon Prajurit

Penerimaan atau rekrutmen merupakan kegiatan rutin suatu organisasi secara terus menerus dengan melakukan regenerasi tenaga manusia (Human Power) guna meningkatkan kinerja organisasi. Tujuan utama dari rekrutmen adalah dengan mencari dan menyiapkan calon pegawai sebanyak mungkin sehingga kriteria pegawai yang akan mengisi organisasi sesuai dengan kebutuhan. Rekrutmen yang sukses dapat diukur dengan semakin banyak animo calon maka pilihan kriteria semakin beragam dan kompetitif secara positif. TNI merupakan salah satu organisasi besar yang bergerak dibidang pertahanan dan keamanan negara dengan tugas pokok menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI. Stabilitas negara yang baik saat ini menjadikan TNI khususnya TNI AD sementara memenuhi kebutuhan organisasi dalam bidang penyediaan tenaga dengan militer sukarela. Salah satu daya upaya dalam meningkatkan animo pendaftar TNI AD yaitu dengan menggelar kampanye pendaftaran.

Kodam IM sebagai salah satu Kotama di wilayah Aceh tidak terlepas dari kegiatan rekrutmen guna mengisi organisasi. Untuk menjawab tantangan peningkatan animo pendaftar maka sebagai badan pelaksana Kodam, Ajendam IM dalam hal ini Kaajendam IM Letkol Caj Zainul Arifin, S.E. menyusun agenda kampanye penerimaan sepanjang tahun. Menurutnya metode kampanye tidak dapat disamakan antar Kodam bahkan wilayah Kodam itu sendiri, Kami dituntut untuk memahami sosiokultur dan geografis antara provinsi Aceh dan Papua tentunya berbeda dengan wilayah Jawa dan Makasar. Kami mencari kualitas diantara merebut animo sedangkan mereka (wilayah Jawa) mencari kemurnian hati untuk menghindari KKN. Selain itu kampanye sepanjang tahun bertujuan untuk memaksimalkan penyampaian informasi mengenai rekrutmen TNI AD kepada khalayak karena dinilai sebelumnya kampanye penerimaan TNI AD belum mencakup pelosok di seluruh wilayah Aceh.

Kampanye penerimaan sepanjang tahun sendiri telah dilaksanakan pada pertengahan November 2016 dengan melalui media cetak dan media elektronik. Pada awal tahun 2017 kampanye penerimaan dilaksanakan Ajendam IM dengan menentukan sasaran untuk melakukan kunjungan-kunjungan ke sekolah-sekolah sebanyak 5 kota dan 18 Kabupaten di wilayah Aceh dengan sasaran  377 SMA Negeri dan 110 SMA Swasta serta 72 MA Negri dan 172 MA Swasta yang akan dilaksanakan sepanjang tahun. Teknis pelaksanaan kampanye sepanjang tahun yang dilaksanakana Ajendam IM bekerja sama dengan Korem 011/LW  dan Korem 012/TU.

Baca Juga:  Satgas TMMD Kodim 0105, Bersama Masyarakat Antusias saat Bangun Jembatan Kayu

Tim kampanye Ajendam IM yang saat ini sedang melaksanakan kampanye dibagi menjadi tiga Tim, yang masing-masing tim memiliki tugas kampanye di satu Kabupaten, diantaranya Kabupaten Aceh Tengah terdiri dari 19 SMA dan 15 MA diketuai oleh Mayor Caj Waryono, S.Ag, Kabupaten Aceh Tenggara terdiri dari 27 SMA dan 13 MA diketuai oleh Mayor Caj Zainoddin, S.Ag, dan untuk wilayah Kabupaten Aceh Timur terdiri dari 26 SMA dan 14 MA diketuai oleh Mayor Caj Anis Munandar, S.Sos.

Kegiatan kampanye penerimaan dilakukan dengan pemutaran film penerimaan TNI AD dan penjelasan tentang materi kampanye mulai dari seleksi Cata, Caba, dan Catar. Setelah diadakan kunjungan siswa yang berminat mengisi formulir kemudian diarahkan ke Kodim terdekat untuk diberikan pembinaan materi uji yang meliputi pembinaan jasmani (kesamaptaan), pembekalan wawasan kebangsaan, dan pengetahuan dasar psikologi. Sebelum dikirim ke Panda, masing-masing Korem dapat memilah dan menilai calon pendaftar dengan memberikan saran kepada calon dengan mempertimbangkan aspek jasmani dan nilai akademik. Diharapkan dengan kegiatan tersebut calon yang belum sesuai persyaratan dapat melaksanakan pembinaan kembali guna meminimalisir biaya operasional calon pendaftar. Metode kampanye peneriman ini diharapkan dapat efektif dan terlihat hasilnya pada animo pendaftar cata gelombang I dan Catar TA 2017 serta meminimalisir hasil tidak memenuhi persyaratan. (Kkh_14)