Pangdam IM Cek Kesiapan Keamanan Pilkada

ACEH TIMUR – Dalam rangka mengecek kesiapan pelaksanaan pemiliha;n kepala daerah (Pilkada) serentak yang berlangsung pada 15 Februari besok, Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayor Jendral TNI Tatang Sulaimanย  bersama Gubernur Aceh Dr. Zaini Abdullah, Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S. Djambak dan Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi melakukan kunjungan ke Kabupaten Aceh Timur, menggunakan helikopter jenis MI.17. Selasa, (14/2/17).

Setelah mendarat di Lapangan Mon ikureung di Idi, langsung melaksanakan transit di Pendopo Bupati. Pangdam beserta rombongan meninjau lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di Desa gampong Jawa, Idi rayeuk. Selanjutnya bergerak menuju TPS di depan SD Gampong Jalan, dan TPS berada di depan Kantor Dinas Kesehatan.

Dalam kunjungan dan peninjauan tersebut, Pangdam beserta rombongan meyakinkan gelar pengamanan khususnya di daerah-daerah yang memiliki kerawanan seperti di Aceh Timur, Pidie dan Aceh Utara berjalan sesuai dengan yang sudah direncanakan. Adapun yang menjadi salah satu penilaian indikatorย  kerawanan tersebut, diantaranya selama berjalannya Kampanye di daerah tersebut masih ada kejadian-kejadian dan perselisihan yang kecil antara sesama pendukung pasangan calon. Selain itu, ada krikil-krikil kecil yang akan mengganggu suksesnya pelaksanaan pilkada.

โ€œOleh sebab itu, saya bersama Kapolda , Gubernur dan ketua KIP turun langsung untuk mengecek kesiapan tempat TPS dan pengamanan TNI, Polri dan linmas serta untuk menyakinkan bahwa keamanan di daerah tersebut aman, karena besok masyarakat akan melaksanakan pemungutan suara,โ€ kata Pangdam.

Selain itu, Mayjen TNI Tatang Sulaiman optimis bahwa penyelenggaraan Pilkada serentak di Wilayah Aceh akan berlangsung dengan aman, nyaman dan damai. Untuk itu, Pangdam menghimbau agar seluruh masyarakat jangan takut untuk menyalurkan hak pilihnya.

โ€œSilahkan memilih pemimpin sesuai dengan hati nurani masing-masing, jangan merasa takut, karena TNI selalu siap membantu Kepolisian dalam melaksanakan pengamanan di seluruh wilayah Aceh. Yakinlah bahwa aparat keamanan ada dan berfungsi,” ajak Jendral bintang dua ini kepada masyarakat Aceh.

Menjelang siang, Pangdam Iskandar Muda beserta rombongan menuju lapangan Stadion Moon Saukureung dan bertolak menuju Aceh Utara untuk memantau kesiapan Pilkada disana.