76 Prajurit Raider Khusus 111 UKP Tingkat Kodam

Tualang Cut – Sebanyak 76 prajurit Raider Khusus 111/Karma Bahkti mengikuti UKP (Uji Kenaikan Pangkat) periode 01-10-2017 tingkat Kodam Iskandar Muda selama dua hari.

“ Untuk Semapta A dan B, kita laksanakan hari ini di Mayonif Raider Khusus 111/Karma Bhakti. Sementara untuk ketangkasan renang militer jarak 50 meter, kita laksanakan besok, di kolam renang Vitra Tirta Kota Langsa,” kata Praka Topan salah satu menjadi peserta UKP tersebut, Selasa (16/05/17).

Topan menjelaskan, semapta A kesegaran jasmani dengan melaksanakan lari dengan jarak 3200 meter dan untuk penilaiannya dihitung oleh waktu, sedangkan samapta B meliputi Full Up, Sit Ups, Push Up dan Stelran.

“Jadi UKP bagi prajurit, untuk mengukur dan melihat sejauh mana penguasaan teknik dan taktik materi individu prajurit yang akan naik pangkat, satu tingkat dari pangkat sebelumnya,” ujarnya.

Sementara itu, Danyonif Raider Khusus 111/Karma Bhakti Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis saat meninjau langsung jalannya kegiatan tersebut menyebutkan, bahwa 76 prajurit yang melaksanakan UKP Semapta pada hari ini, merupakan prajurit yang telah dinyatakan lulus pada tahap UKP tingkat satuan, yakni Batalyon dan Korem 011/LW dan setelah lulus administrasi pada tahap seleksi awal.

“ Jadi para prajurit Raider Khusus 111/Karma Bhakti yang mengikuti dan melaksanakan semapta UKP naik pangkat ini, telah siap baik fisik dan mental. Hal ini didasari dengan pembinaan fisik dengan rutin dan baik di satuan,” ucapnya.