Kodim 0104/Atim Cukupi Ketersediaan Darah Bagi Penderita Thalasaemia di Bulan Ramadhan

Langsa – Untuk memenuhi ketersediaan darah bagi para penderita Thalasaemia selama bulan suci Ramadhan 1438 Hijriyah yang akan datang tidak lama lagi, Kodim 0104/Aceh Timur gelar donor darah di Aula Lantai II Makodim Langsa yang terletak di Jalan Ahmad Yani Gampong Seulemak Kecamatan Langsa Baro Kota Langsa, Selasa (23/5/17).

Hadir diantaranya Komandan Kodim 0104/Atim Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar SE, Pabung Aceh Timur Mayor Inf Sulistiyono, Pabung Aceh Tamiang Mayor Inf A. Yani, seluruh Perwira Staf, Danramil jajaran serta perwakilan anggota dari tiap-tiap koramil jajaran Kodim 0104/Atim khususnya yang terlibat sebagai Orang Tua angkat para penderita Thalasaemia wilayah binaan Kodim 0104/Atim.

Dandim 0104/Atim Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, SE menjelaskan, bahwa tujuan utama diselenggarakannya kegiatan donor darah menjelang bulan puasa kali ini adalah untuk membantu mencukupi ketersediaan darah bagi para penderita Thalassaemia yang berada di wilayah kerja Kodim 0104/Atim di tiga kabupaten/kota mulai dari kabupaten Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang.

โ€œHal ini dikarenakan bahwa kita umat Islam pastinya akan menunaikan Ibadah Puasa selama bulan suci Ramadhan sehingga apabila ada anak asuh yang memerlukan darah tiba-tiba selama bulan Ramadhan, kita sudah ada stock darah buat mereka. Tidak efisien rasanya jika transfusi darah dilakukan ketika pendonor sedang berpuasa, untuk itu sebelum Ramadhan darah untuk penderita Thalasaemia sudah harus ada demi kelangsungan hidup mereka,โ€ ujar Dandim.

Hal ini merupakan upaya dan tindak lanjut atas kesepakatan bersama yang telah dituangkan dalam Mou Orang Tua Asuh antara Kodim 0104/Atim dengan penderita Thalassaemia wilayah Kodim 0104/Atim dan RSUD Langsa. Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Langsa pagi ini juga membantu memfasilitasi kegiatan ini sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan aman dan lancar, imbuh Dandim lagi.

Dari kegiatan donor darah pagi itu, PMI Kota Langsa berhasil mengumpulkan sebanyak 100 kantong darah berkapasitas masing-masing 350 cc dan akan menyalurkan kepada penderita Thalassaemia yang membutuhkan selama bulan puasa dan seterusnya.