TMMD 99 Kodim 0113/Gayo Lues Cerminkan Semangat Kemanunggalan TNI Bersama Rakyat

GAYO LUES โ€“ Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kabupaten Gayo Lues Tahun 2017 dipusatkan di Desa Badak Kecamatan Dabun Gelang.

Program TMMD dapat mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah dan memperkokoh kemangunggalan TNI dengan rakayat yang merupakan landasan utama bagi terwujudnya ketahanan masyarakat yang semakin tangguh.

Bupati Gayo Lues H. Ibnu Hasim mengatakan saat pembukaan TMMD 4 Juli 2017 lalu berharap program TMMD 99 Kodim 0113/Gayo Lues dapat membuka isolasi antar desa dan membantu kegiatan pencapaian swasembada pangan dan akan meningkatkan roda perekonomian di daerah Kabupaten Gayo Lues.

Programย  TMMD telah berlangsung selama 36 tahun, dan hasil kegiatan telah semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan sampai saat ini masih sangat di butuhkan, sehingga keberadaan TNI untuk membangun sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah yang membutuhkan bantuan masih sangat relevan dan sekaligus membantu pemerintah untuk mengimplementasikan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan di Kabupaten Gayo Lues.

Adapun program TMMD Kodim 0113/Gayo Lues kegiatan fisik mengutamakan pembangunan sarana dan prasarana fasilitas umum lain yang menjadi kebutuhan masyarakat untuk dapat membuka isolasi antar desa serta membantu lancarnya kegiatan pencapaian program swasembada pangan.

Sedangkan non fisik yang mengutamakan penyuluhan tentang kesadaran berbangsa dan bernegara, kesadaran bela Negara dan cinta tanah air, pengetahuan masyarakat di bidang pertanian pengetahuan di bidang hukum dan pengetahuan lainnya sesuai kebutuhan masyarakat setempat yang menyangkut keterampilanย  guna memajukan kesejahteraan masyarakat,โ€ , ujarnya.

Dalam tahap ini Kodim 0113/Gayo Lues melaksanakan Kegiatan Fisik dengan melakukan pembukaan Jalan uwer-uwer sepanjang 6,5 KM yang menghubungkan antara Kacang Minyak menuju ke Uwer-uwer Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues dan Pembuatan jembatan yang mana saat ini masih dalam tahapan proses atau pengerjaan.

Selain itu juga dilakukan pembuatan Jamban untuk warga dengan pengerjaan yang dilakukan oleh TNI serta bantuan dari masyarakat yang cukup banyakย  diharapkan dapat mempercepat penyelesaian dan mendapat hasil yang maksimal.

Disisi lain banyak kegiatan Non Fisik untuk kesejahteraan masyarakat seperti Penyuluhan ,Pembinaan Fisik dan Olahraga, Pengobatan gratis dan KB, Imunisasi serta Pembekalan Bela Negara.

Selaku Dansatgas TMMD ke โ€“ 99 Dandim 0113/Gayo Lues Letkol Inf M Faizal Nasution,S.IP menyampaikan kami berterima kasih kepada para masyarakat yang antusias dan berpartisipasi membantu serta memperkuat anggota Satgas kami dilapangan sehingga kegiatan TMMD ini bisa berjalan baik dan lancar.ย  Tidak itu saja kegiatan TMMD ini juga bertujuan untuk membantu Pemerintah Kabupaten Gayo Lues dalam segi pembangunan dan Infrastruktur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakaat di pedesaan.

Kegiatan TMMD ini berkaitan langsung dengan masyarakat sehingga selain dilakukannya pembangunan dalam segi infrastruktur di desa Badak Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues juga diwujudkan desa dengan harapan dari desa ini timbul Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas baik dan berpotensi dalam segala bidang. Serta generasi muda yang dapat diandalkan mempunyai prestasi dari segi fisik maupun akademik, ucapnya