Kodim Pidie Gelar Rapat Koordinasi Upsus Pajale dan Sergap

Pidie – Dalam rangka meningkatkan pencapaian luas tambah tanam padi guna mewujudkan Ketahanan Pangan Bertempat di Aula Yudha Kodim 0102/Pidie dilaksanakan Rapat Koordinasi Upaya Khusus Padi, Jagung dan Kedelai di wilayah Kodim 0102/Pidie Tahun 2017,ย  Senin (28/08/2017).

Dalam sambutannya, Dandim 0102/Pidie yang diwakili Plh Kasdim Mayor inf Affiansyah SP. mengucapkan,ย โ€œselamat datang kepada Waaster Kodam IM Letkol Inf Hasandi Lubis dan Bapak Zulpadli Kasi Produksi Tanaman Pangan Provinsi Aceh di Aula Yudha Serta para tamu undangan dalam rangka rapat koordinasi Upsus Pajale dan Sergap.

“Dengan adanya kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengevaluasi dan berkoordinasi semaksimal mungkin gunaย  menyukseskan Upsus dan Sergap di kabupaten Pidie dan Pidie Jaya,โ€ ujarnya.

Sementara Waaster dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut, Pendampingan Upsus dan Sergap oleh TNI AD khususnya para Babinsa mempunyai potensi yang luar biasa dalam peningkatan hasil panen sehingga sesuai yang diharapkan. Yangmana kegiatan Pendampingan dalam Upsus dan Sergap oleh Babinsa merupakan perintah langsung Presiden lewat Panglima TNI.

” Dengan adanya kegiatan Rakor ini merupakan sarana untuk mengkoordinasikan apa saja kendala – kendala dilapangan serta mencari solusi untuk mengatasi kendala tersebut demi tercapainya target – target baik capaian LTT , capaian Sergap ( Serapan Gabah Petani) guna mendukung Program pemerintah tentang Ketahanan Pangan demi terwujudnya Ketahanan Nasional, ” katanya.

Waaster mengajak kelompok Tani diwilayah kabupaten Pidie dan Pidie Jaya untuk menjual 5% dari hasil panen padinya dijual kepada Bulog, hal tersebut sesuai dengan Definisi WHO tentang tiga komponen utama ketahanan pangan yaitu Ketersediaan pangan, Akses Pangan, dan Pemanfaatan Pangan.

Ketersediaan Pangan adalah Kemampuan memiliki sejumlah pangan yang cukup untuk kebutuhan dasar, Akses Pangan adalah Kemampuan memiliki sumber daya secara ekonomi maupun fisik untuk mendapatkan bahan pangan bernutrisi, sedangkan Pemanfaatan Pangan adalah kemampuan dalam memanfaatkan bahan pangan secara benar dan tepat secara proporsional.

” Oleh karena itu mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional semua pihak baik petani, pemerintah, TNI dan seluruh eleman yang terkait harus bersatu padu untuk mewujudkan program tersebut,” ajaknya.

Hadir dalam Kegiatan tersebut Waaster Kasdam IM Letkol Inf Hasandi Lubis, Plh Kasdim 0102/Pidie Mayor Inf Affiansah,SP. Kasi Distan Propinsi Aceh Zulpadli, Kadistan Kab Pidie Ibu Ainal Lubis, Kabid Pertanian Kab Pidi Jaya Safri Salman, Danramil Jajaran Kodim 0102/Pidie, Perwakilan Camat Jajaran Kab Pidie dan Pidie Jaya 20 Org, Perwakilan Kepala BPP Pertanian Wil Pidie dan Pidie Jaya 20 Org, Perwakilan Gapoktan tiap Kecamatan Wil Pidie dan Pidie Jaya.