Ketua Persit Rem 011: Cegah Dini, Wujudkan Wanita Sehat Alami

Lhokseumawe- Ketua persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 011 Ny Marini Agus Firman Yusmono mengajak seluruh khususnya kaum wanita untuk melakukan pencegahan dini demi Mewujudkan Wanita Sehat Alamiku.

Hal itu dikatakannya saat berlangsungnya kegiatan program bidang sosial pemeriksaan kesehatan wanita, di Rumah Sakit Kesrem TNI-AD tingkat IV, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, yang diikuti ratusan anggota persit para istri prajurit TNI-AD, AL, dan TNI AU yang ada di jajaran Koorcab Rem 011, Jumat (29/9).

Marini Agus Firman mengutarakan, kegiatan tersebut dilaksankan selain dalam kegiatan bakti sosial yang merupakan salah satu program bidang sosial kepedulian terhadap kesehatan tubuh, juga merupakan dalam rangka menyambut dan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Dirgahayu Ke-72 TNI, yang bertemakan “Deteksi Dini Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker Serviks dan Payudara”.

“Khususnya kaum hawa bersama-sama kita tingkatkan untuk menjaga kesehatan, melalui pemeriksaan secara rutin itu lebih baik mencegah dari pada mengobati. Mari kita wujudkan wanita sehat Alamiku bebas dari Kanker Serviks dan Payudara, dengan cara melakukan kebiasaan dan tanamkan kepedulian terhadap pencegahan sejak dini sebelum terlambat, dari pada mengobati akibat keterlambatan dan kurangnya kepedulian terhadap kesehatan. Hidup sehat tentunya keluarga akan bahagia”, ajak Ketua persit KCK Koorcab Rem 011 Ny Marini Agus Firman Yusmono.

Selanjutnya penjelasan singkat dari Bidan Adriana Susanti, A.Md Ahli tentang kanker serviks dan kanker payudara, Dua jenis penyakit kanker ganas yang sering menghantui para wanita adalah penyakit Kanker Payudara dan Penyakit Kanker Serviks atau yang berkaitan dengan organ reproduksi. Meskipun dalam tingkatan stadium tertentu, kanker tersebut bisa diobati, namun pastinya semua wanita tidak akan mau terkena penyakit ganas tersebut.

“Lakukan beberapa kegiatan dalam keseharian antaranya, olahraga secara rutin minimal 30 menit setiap harinya, Banyak-banyak mengomsumsi air putih yang higienis, kurangi dan hindari makanan yang berlemak tinggi, mengonsumsi secara rutin buah-buahan segar dan sayuran, serta hindari makanan cepat saji atau makanan instan tinggi zat pengawet”, himbaunya.

Hadir pada acara tersebut antaralain, Wakil Ketua Persit KCK Koorcab Rem 011 Ny Eny Sofanuddin, Ketua persit KCK Cabang XX Dim 0103 Ny Eka Fadjar Wahyudi Broto, Ketua pengurus Cabang persit ranting Jala Senastri, Pia Ardhya Garini, IKKT beserta anggota persit jajaran Koorcab Rem 011.