Rindam IM Upacara Bendera di SMA N Modal Bangsa

Aceh – Besar- Danrindam Iskandar Muda kolonel Inf. Niko fahrizal diwakili Dandodik Bela Negara Rindam IM Letkol Inf Slamet Riyanto  menjadi Inspektur Upacara di SMA Negeri Modal Bangsa pada upacara Bendera hari senin tanggal 2 oktober 2017 bertempat di lapangan upacara SMA Negeri Modal Bangsa. Senin (2/10/17).

Dalam amanatnya Letkol Inf Slamet Riyanto  mengatakan, SMA Negeri Modal Bangsa sejak didirikan tahun 1994 merupakan sekolah unggul berasrama yang dikelola oleh dinas pendidikan Aceh dengan visi mendidik calon pemimpin bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa serta berkompetitif terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengukir banyak prestasi yang ikut mengharumkan nama daerah.

Dandodik juga menyebutkan, sekolah ini kreatif dalam mendidik dan menumbuhkembangkan kemampuan para peserta didiknya dengan berbagai program yang dikembangkan tanpa keluar dari koridor kurikulum nasional.

Lanjut Danbelneg, hal ini dimungkinkan karena sma negeri modal bangsa merupakan sekolah unggul berasrama sehingga dapat mengoptimalkan alokasi waktu belajar untuk siswa-siswinya dalam program plus pembelajaran matematika dan sains, bahasa indonesia, bahasa inggris, bahasa arab serta tik pada pagi dan sore hari. Sedangkan malam hari digunakan untuk pengajian agama islam dan al-quran, sehingga para peserta didik di kampus sman modal bangsa dikenal memiliki akhlak dan pemahaman yang bagus dalam bidang agama islam.Dikatakan Danbelneg,  makna secara filosofi tentang upacara bendera di sekolah terdapat lima  hal positif yang bisa di dapatkan dari upacara bendera antara lain,membiasakan disiplin, menumbuhkan jiwa kepemimpinan,  membiasakan berpenampilan rapi, meningkatkan kekompakan dan kebersamaan, menumbuhkan jiwa nasionalisme.

“ Upacara bendera diharapkan bukan hanya menjadi ritual semata,  namun dengan kegiatan upacara bendera bisa menumbuhkan sikap nasionalisme dalam benak para pelajar. Upacara bendera ini, juga dilaksanakan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi merebut kemerdekaan,” ujar Letkol Inf Slamet Riyanto.

Dalam kesempatan tersebut Danbelneg juga menyampaikan bahwa Rindam Iskandar Muda mempunyai tugas pokok dan merupakan lembaga pendidikan untuk mencetak para putra- putra bangsa yang terbaik untuk menjadi prajurit garda terdepan dalam menegakan kedaulatan negara republik indonesia.