Kodim 0110/Abdya Bentuk Sikap dan Karakter Babinsanya Melalui Binsiap Apkowil Puanter TW IV TA 2017

Blangpidie – Babinsa merupakan garda terdepan di Organisasi TNI AD. Di pundak mereka lah tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui Pembinaan Teritorial (Binter) dapat terlaksana. Kamis (14/12/17).

Dalam hal ini Kodim 0110/Abdya menggelar Pembinaan Kesiapan Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) TW IV TA 2017 di aula Makodim 0110/Abdya, Jalan Bukit Hijau Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kasdim 0110/Abdya Mayor Inf Sutaryo, S.Pd. dengan diikuti oleh seluruh Perwira Staf, Danramil, serta 50 orang Personel Babinsa jajaran Kodim 0110/Abdya.

Dalam sambutannya Mayor Inf Sutaryo, S.Pd. menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mempertajam kembali pengetahuan dan kesiapan para Babinsa khusus nya di bidang teritorial, agar ke depan nya para Babinsa bisa bekerja secara maksimal sesuai dengan yang di harapkan oleh Komando Atas.

Kasdim menghimbau kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pembekalan tersebut dengan secara serius dan sungguh-sungguh, terutama bagi Personel yang baru saja menjabat sebagai Babinsa, yang output dari Satuan Tempur.

Sementara itu Pasiter Kodim 0110/Abdya Kapten Arh Dwi Sugiarto selaku pemateri mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut perintah dari Komando Atas melalui Progja bidang Teritorial TW IV TA 2017.

Bersama Bintara Staf nya Pasiter berikan kembali pemahaman tentang bagaimana cara Pengumpulan Data Teritorial, Analisa Kejadian, Penyusunan Rencana Kegiatan Binter, Laporan Kegiatan Binter yang baik. Selain itu, diberikan juga pembekalan dan pemahaman tentang bagaimana cara lakukan penanggulangan bencana dan penanganan Terorisme di wilayah.

Ia berharap, melalui kegiatan tersebut dapat membentuk sikap dan karakter Babinsa Kodim 0110/Abdya yang sebagai Insan Teritorial menjadi lebih baik lagi dalam Implementasi di lapangan.