Tak Mau Ketinggalan, Pelajar Saksikan Upacara, Demontrasi dan Dramakolosal

Banda Aceh – Tidak mau ketinggalan, pelajar se-kota Banda Aceh ikut menyaksikan upacara Hari Juang Kartika (HJK) dan Demontrasi Bela Diri Militer (BDM) Yongmodo serta Drama Kolosal Sultan Iskandar Muda yang dipusatkan di lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Jumat pagi (15/12/17).

Dari pantauan dilapangan, antusias pelajar SD, SMP dan SMA terlihat sejak pagi sebelum upacara HJK dimulai, dari susut-sudut lapangan Blang Padang mereka berbondong- bondong memadati lokasi acara. Tak hanya pelajar, masyarakatpun terlihat antusias saat acara berlangsung.

Mereka datang tidak hanya sendiri-sendiri, melainkan datang secara rombongan, untuk menyaksikan puncak acara peringatan Hari Juang Kartika yang diselenggrakan oleh Kodam Iskandar Muda tersebut.
Salah satu pelajar SD Kartika Banda Aceh Yusuf yang duduk di kelas VI mengungkap senang melihat rangkaian upacara HJK dan penampilan Yongmodo dari prajurit Kodam Iskandar Muda.

“Kami senang melihat TNI karena jago-jago bela diri,” ungkap Yusuf.
Pada peringatan Hari Juang Kartika tahun 2017 ini, masyarakat melihat langsung antraksi dan hiburan dalam rangka meriahkan HJK diantaranya, Demontrasi Yongmodo, yang ditampilkan oleh Kompi 3 Yonkav 11/MSC, Tarian Laksmana Keumalahayati ditampilkan 30 Kowad Kodam Iskandar Muda, serta Drama Kolosal Sultan Iskandar Muda yang ditampilkan 580 orang dari anggota Prajurit dan Persit Rindam Iskandar Muda, Kowad Kodam IM, Mahasiswa UIN AR-RANIRI dan Universitas Syiah Kuala.

Dipuncak Hari Juang Kartika ini juga ada sensasi yang menarik yaitu tiga ekor gajah mengalungkan bunga kepada tiga pejabat diantaranya, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Fachrudin S.Sos, Wakil Kepala Polisi Daerah Aceh Brigjen Pol, Bambang Soetjahyo dan Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Selain disaksikan oleh ribuan masyarakat, puncak HJK ini turut disaksikan, Brigjen TNI Oerip Soekotyo, Kabinda, para pejabat utama Kodam Iskandar Muda, Rektor UIN, Setda Banda Aceh, Ketua FKPPI Aceh Dr Alpian, Wakil Ketua I DPRA, Kajati Prov Aceh, Purek III Unsiyah, Tokoh masyarakat dan Agama, Danlanal, Danlanud, Kapolresta Banda Aceh dan Ketua LVRI Aceh.