DANRAMIL DAN BABINSA OLAH KEMAMPUAN DALAM MENDUKUNG TUPOK TNI AD

Takengon – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan mendukung tugas pokok TNI AD, Kodim 0106/Ateng melaksanakan Apel Danramil dan Babinsa tersebar Ta. 2017, yang di buka oleh Dandim Letkol Inf Hendry Widodo di wakili Pabung BM Kapten Kav Ridwan Sulaiman bertempat di Aula Persit Jln. Pasar Inpres Kp. Bale Atu Kec. Lut Tawar Kab. Aceh Tengah, Selasa (19/12).

Dalam sambutannya Pabung mengatakan, Komando atas bangga terhadap kinerja Babinsa, yang merupakan ujung tombaknya Satuan Teritorial, apalagi di hadapkan dengan tugas yang semakin komplek dan di harapkan dapat meningkatkan perannya di desa binaan masing-masing.

“mari kita dengarkan dan pahami apa saja yang disampaikan pemateri, guna memperdalam lagi ilmu kita dalam membina desa”, Ajaknya.

Sementara itu, Pasi Wanwil Rem 011/LW Kapten Inf Jailani sekaligus sebagai nara sumber menyampaikan, tingkat kepercayaan masyarakat sangat tinggi kepada TNI, banyak tugas yang di bebankan kepada Babinsa namun sampai saat ini masih dapat di atasi, seperti bencana alam, cetak sawah, keamanan wilayah dan lainnya.

Selanjutnya, dengan komunikasi yang baik dapat menjalin pengertian antara satu sama lain, membina kepercayaan, mengkoordinir tindakan, merencanakan strategi, melakukan pembagian pekerjaan dan berbagi rasa.

Ada 5 respon empatik dalam hal tersebut antara lain mengulangi kata demi kata, mengulangi kembali isi yang di ceritakan, merefleksikan perasaan, mengatakan kembali isi dan merefleksikan perasaan dan melihat kapan empati tidak diperlukan.

Sebagai Babinsa itu, tidak menunggu kerja datang melainkan mencari tugas dalam membina desa binaannya, berkat Babinsa juga Danrem 011/LW Kolonel Inf Agus Firman Yusmono S.I.P, M.Si mendapat penghargaan dalam Serapan Gabah (Sergab) dan di promosikan untuk mengikuti pendidikan lanjutan, Tutup Pasi Wanwil.