Pangdam IM Irup HUT Infanteri Tahun 2017

Banda Aceh- Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Facrhrudin S.Sos, Selasa (19/12/17) pagi, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun Infanteri tahun 2017 yang di pusatkan di lapangan hijau Mako Rindam IM Mata Ie, Aceh Besar.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam bacakan amanat Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri yang menyebutkan bahwa keberhasilan dan prestasi yang telah dicapai prajurit dan satuan Korps Infanteri hingga saat ini, tidak terlepas dari kebijakan pimpinan TNI-AD, hasil kerja keras para senior dan buah dari perjuangan serta pengorbanan para pendahulu dan sesepuh Korps Infanteri.

Melihat sejarah ditetapkannya hari Infanteri tersebut, maka peran, tugas, fungsi prajurit dan satuan Infanteri  tidak dapat dipisahkan dengan lingkungan masyarakat sekitarnya. Kemanunggalan TNI   dengan rakyat merupakan aspek yang sangat penting dan strategis dalam mendukung pencapaian tugas pokok TNI AD.

Hubungan dan kebersamaan yang baik antara TNI dan rakyat sejak dahulu sampai dengan saat ini merupakan faktor yang sangat fundamental di dalam membangun persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan dan mempertahankan NKRI yang merdeka dan berdaulat.

Pangdam mengatakan, prajurit infanteri sebagai prajurit terdepan di medan pertempuran yang penuh kekerasan dan bahaya yang mengancam jiwanya. Untuk itu prajurit infanteri harus memiliki profesio¬nalitas, yang dapat diukur dari kemampuannya bergerak/bermanuver, kemahirannya menem¬bak, penguasaan dan kemahirannya dalam melaksanakan taktik dan tehnik pertempuran serta kemampuan bela dirinya.

Pada peringatan HUT Infanteri 2017 ini mengambil tema “Dilandasi semangat Yuddha Wastu  Pramukha, prajurit infanteri bersama rakyat, kuat, mandiri dan berkepribadian guna memperkokoh kemanunggalan TNI-rakyat ”.

“ Tema Tersebut Mencerminkan Komitmen Dan Tekad Yang Kuat Prajurit Dan Satuan Infanteri Untuk Menjadi Profesional, Modern Dan Militan, Sebagai  Petarung Yang Handal Dalam Pertempuran”, ucap Pangdam bacakan amanat Danpusenif.

Menurutnya, makna tema tersebut juga memancarkan semangat pengabdian dan perjuangan tanpa akhir untuk terus memperkokoh kemanunggalannya dengan rakyat serta membangun sinergitas dengan segenap komponen bangsa lainnya sebagai kekuatan bela negara dalam sistem pertahanan semesta.

Tampak hadir dalam acara  HUT Infanteri Tahun 2017, Kasdam IM, Irdam, Danrindam, Danrem 011/LW, Danrem 012/TU, para Asisten, Kabalakdam, para Dandim, Danyon jajaran Kodam IM, Walikota Banda Aceh, Kapolretsa Banda Aceh, wakil ketua FKPPI, Ketua dan wakil ketua serta para pengurus Persit Kartika