Babinsa Koramil 08 Alafan Mengecek Hama Pada Tanaman Padi

Simeulue – Hama tanaman padi merupakan kendala bagi petani untuk bisa meningkatkan produksi usaha taninya. Bahkan serangan hama tertentu seperti tikus, wereng, keong yang bisa mengakibatkan gagal panen.

Babinsa Koramil 08/Alafan Kodim 0115/Simeulue Kopda Agus bersama dengan petani melaksanakan pengecekan hama pada tanaman padi di lahan sawah Desa Langi Kecamatan Alafan Kabupaten Simeulue. Senin (22/01/18).

Dalam kesempatan itu Babinsa yang bertugas sebagai mitra petani memberikan masukan diantaranya mengajak para petani untuk selalu memonitoring lahan sawah minimal 1 minggu sekali bahkan kalau bisa 2 kali dalam seminggu. Hal ini bertujuan agar bisa sedini mungkin mengetahui gejala serangan hama dan sedini mungkin mengambil tindakan pencegahan atau pengendalian sehingga petani tidak mengalami gagal panen.

Babinsa Koramil 08/Alafan Kopda Agus berharap dan sekaligus mengajak para petani untuk secara bijak mengendalikan  serangan hama tanaman padi. Karena kalau sembarangan dalam mengendalikan hama terutama dalam penggunaan insektisida justru kita sendiri yang akan dirugikan.

Sekarang ini sudah banyak hama yang sudah tidak mempan lagi disemprot dengan insektisida yang murah, akhirnya para petanilah yang terkena dampak negatifnya, selain memerlukan biaya usaha tani yang lebih besar juga produktivitas padi menjadi turun.