Babinsa Koramil 05 Simbar Tanam Padi Sistem ” TOT “

Simeulue – Babinsa Koramil 05/Simbar jajaran kodim 0115/Simeulue Kopda Suhedi melaksanakan pendampingan kapada petani membantu menanam padi dengan Sistem TOT (Tanpa Olah Tanah) di lahan sawah Desa Sigulai Kecamatan Simeulue Barat Kabupaten Simeulue. Selasa (23/01/2018).

Disamping itu sistim petani disini, sebahagian masih memakai sistim tanpa olah tanah (TOT). Disisi lain Kopda Suhedi menghimbau Dinas terkait untuk selalu memberikan bimbingan pada Poktan, kepada Kelompok Tani Desa Sigulai. Kopda Suhedi berharap untuk selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan dalam melaksanakan tanam padi maupun dalam kehidupan bermasyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Bertanam padi sawah dengan sistem Tanpa Olah Tanah (TOT) merupakan alternatif teknologi terobosan baru, dari beberapa percobaan dan penelitian yang dilakukan ditingkat petani ternyata tanah sawah tidak perlu diolah berat dan dilumpurkan, tetapi cukup dilakukan pengolahan sedikit, minimal atau bahkan tanpa olah tanah sama sekali.

Dalam hal ini, kehadiran Bintara pembina Desa (Babinsa) di tengah tengah petani memberi semangat kepada petani untuk mengelola sawah dan memenuhi kebutuhan daerah dan mengharapkan progam Pemerintah dan TNI untuk membantu petani dapat meningkatkan produksi beras petani di Kabupaten Simeulue.