Babinsa Koramil-11/Wps Bantu Petani di Sawah

REDELONG – Dalam rangka mensukseskan swasembada ketahanan pangan nasional, Babinsa Koramil-11/Wps Kopda Young Idrus Daulay turun ke sawah untuk membantu Petani Hamdan memupuk dan membersihkan gulma tanaman padi seluas 1 Ha di Ds. Blang Kucak Kec. Wih Pesam Kab. Bener Meriah, Jum’at ( 26/01/2018 ).

Kata Babinsa, pemupukan bertujuan untuk memenuhi jumlah kebutuhan hara yang tidak sesuai di dalam tanah sehingga produksi meningkat, di mana dalam penggunaannya harus mempunyai efisiensi tinggi.

Sedangkan manfaatnya mengembalikan unsur hara baik makro atau mikro dalam memperbaiki struktur tanah, sehingga berdanpak positif pada kapasitas kation, tahan air dan biologis, selain itu juga dapat menurunkan keasaman.

Sementara itu tujuannya pembersihan gulma, agar padi bisa tumbuh normal tanpa ada saingan atau sejenis parasit merugikan yang dapat merebut atau mengurangi asupan makanan pada kebutuhan tanaman.
Danramil-11/Wps Kapten Inf Trimo SH menegaskan, kepada para Babinsa agar menyesuaikan dengan tugas dan tanggung jawab yang telah di bebankan untuk mengawal keberhasilan swasembada pangan nasional.

Tambahnya, setiap kegiatan yang berhubungan dengan pertanian di wilayah binaan supaya di ketahui dan aktif, bukan hanya di lapangan tetapi hal-hal yang bersifat tehnis serta teori harus di kuasai, untuk itu kalau ada pertemuan Pok Tani dan kursus singkat wajib hadir.