BABINSA 08 ALAFAN BANTU PETANI BERSIHKAN HAMA

Simeulue. Kodim 0115/Simeulue dan Satuan jajarannya dalam mendukung dan membantu pelaksanaan Program Ketahanan Pangan melalui Pertanian di Kabupaten Simeulue sudah sangat baik, membantu Petani dan Kelompok Tani dalam memelihara dan merawat padi seperti pemupukan dan pembasmian hama atau penyakit pada tanaman padi, sehingga Panen yang akan datang sesuai dengan harapan.

Demikian halnya yang dilakukan Anggota Satkowil yaitu Babinsa Desa Lapaha dari Koramil 08/Alafan melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian dengan Petani pembersihan gulma/hama sawah milik Poktan di Desa Lapaha Kecamatan Alafan Kabupaten Simeulue. Selasa, 30/01/2018

Tugas Babinsa adalah membina wilayah binaan, diantarannya selalu memberikan pendampingan di semua kegiatan warga apalagi kegiatan tersebut untuk kepentingan bersama. Dengan memberikan bantuan tenaga dan ide – ide yang membangun kepada warga dalam kegiatan tersebut, diharapkan fungsi dari jalan tersebut bisa bermanfaat bagi warga Desa.

Kehadiran Babinsa juga disambut antuisias oleh warga, mereka sangat termotivasi dengan semua arahan dari Babinsa demi kemajuan Desa, warga berharap kedepannya dapat meningkatkan perekonomian Desa.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi produksi, salah satu di antaranya pendampingan dan pengawalan, Babinsa bisa berperan sebagai Komunikator, Fasilitator, Advisor, Motivator, Edukator, Organisator dan Dinamisator melalui Pengawalan dan Pendampingan kegiatan UPSUS (Upaya Khusus) Peningkatan Produksi Padi dalam Pencapaian Swasembada Pangan.

Babinsa merupakan salah satu penggerak bagi para petani (pelaku utama) bersama instansi terkait, selain itu dengan adanya pendampingan Pertanian dengan para Petani dapat mengetahui sejauh mana ketahan pangan suatu desa, para Babinsa akan lebih menyatu dengan rakyat dan kemanunggalan TNI dengan rakyat dan para Petani pun sebagai warga masyarakat merasa senang karena bisa bekerja dengan aman.

Meningkatkan kinerja di bidang pertanian baik secara administrasi maupun implementasi nyata di lapangan dengan harapan target Kodim 0115/Simeulue beserta jajarannya bisa tercapai, upaya Khusus pendampingan pertanian  dengan petani ini merupakan bentuk nyata dari TNI melalui Babinsa terhadap para petani yang berada di desa binaanya dengan harapan dapat terjalin hubungan silaturahmi antara Petani untuk mendukung tercapainya swasembada pangan secara nasional dapat terwujud.