Dandim 0110/Abdya hadiri Rapat sosialisasi Upsus Pajale TA 2018

Blangpidie, 31 Januari 2018 – Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Arm Iwan Aprianto, S.I.P. menghadiri Rapat Sosialisasi Upsus Pajale TA 2018 di aula Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) Desa Alue Mangota, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten setempat.

Rapat tersebut dihadiri sedikitnya 100 orang yang di dalamnya hadir langsung Kadistanbun Provinsi Aceh Drs. H. Hasanuddin Darjo, MM., Para Kepala dan anggota Dinas terkait Kab. Abdya, serta Para Penyuluh Pertanian Sekabupaten Abdya.

Kadistanpan Kab. Abdya Ir. Muslim M. dalam laporannya mengungkapkan bahwa pada Upsus Pajale tahun 2017 yang lalu telah menargetkan 2 x tanam dan 3 x panen. Namun, yang terealisasikan hanya 1 x tanam dan 2 x panen. Menurutnya target dan hasil tanam pada tahun 2017 masih belum maksimal. Ia berharap di tahun 2018 ini target dan hasil tanam akan jauh lebih baik lagi. “Untuk target tanam di tahun 2018 ini meliputi tanaman jagung seluas 20.000 Ha, padi 15.000 Ha dan kedelai 1000 Ha”, pungkas Kadistanpan.

Sementara itu Kadistanbun Aceh Drs. H. Hasanuddin Darjo, MM., mengatakan agar peserta rapat menyampaikan ke para petaninya agar tidak ragukan/takut terhadap bibit bantuan pemerintah. Yang mana hal itu terkait adanya isu pengalihan yang menyatakan bahwa bibit bantuan tersebut berqualitas buruk.

“Belum lama ini ada pernyataan dari salah satu oknum di surat kabar bahwasahnya lahan tanaman Aceh seluas 20.000 Ha telah diserang hama wereng. Pernyataan sepihak tersebut tidaklah aktual, karena oknum tersebut tidak mengerti dan faham tentang masalah tersebut. Sehingga dalam pernyataannya itu sangatlah tidak jelas kebenarannya”, ujar Drs. H. Hasanuddin Darjo, MM.