Dandim 0114/Aceh Jaya Dampingi Gubenur Aceh Kunjungan Kerja ke Kab.Aceh Jaya

Calang  – Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya Letnan Kolonel Kav Haerus Shaleh, S.Sos turut menyambut kerja Gubenur Aceh Drh. H. Irwandi Yusuf M.Sc. dan Asisten II Bidang perekonomian dan pembangunan Sekdakab Aceh Dr. Taqwallah, M.kes, ke wilayah Kab. Aceh Jaya bertempat dilapangan terbang Airstrip Desa Padang Datar Kec. Krueng Sabee Kab. Aceh Jaya, Sabtu (17/02/2018).

Dalam kegiatan ini dihadiri Gubenur Aceh, Bupati dan Wabub Aceh Jaya, Asisten II Prov Aceh, Dandim 0114/ Aceh Jaya, Kapolres dan Waka Polres Aceh Jaya, Sekda Aceh Jaya, Para Asisten beserta kepala SKPK Aceh Jaya, Kadis Baitul Mal Prov. Aceh, Unsur Muspika Kec. Krueng Sabee, Muspika Kec. Teunom, ‎Biro PT. Prapen dan KA Balai dan konsultan pengawas pekerjaan proyek pengantian jembatan Krueng Teunom (MYC) Wilayah II-10.04, Muspika Panga dan Teunom, Ketua Koperasi Industri Nilam Aceh Jaya ( KINA ) Sdr Hendra Yana, Ketua KNPI Kab. Aceh Jaya Maimun S. Sos, Tokoh masyarakat dan Tokoh Agama Kec. Panga, Alex WNA Perancis exportir dari Kina.

Rangkaian kegiatan Gubenur Aceh sesampainya tiba dilapangan terbang Airstrip Desa Padang Datar Kec. Krueng Sabee Kab. Aceh Jaya yang disambut oleh unsur Forkopimda Aceh Jaya dengan mengunakan pesawat terbang,  kemudian Gubenur Aceh didampingi oleh Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Dandim 0114/ Aceh Jaya dan Kapolres Aceh Jaya dalam rangka diskusi.

Gubenur Aceh dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Desa Gampong Baro Kec. Teunom  ‎dalam rangka meninjau proyek pengantian jembatan krueng Teunom (MYC) Wil.II-10.04 yang masih di kerjakan oleh PT. Prapen dan  PT. Mawatindo dengan panjang jembatan 208 meter yang di kerjakan semenjak tahun 2017 s.d 2019 dengan anggaran sebesar Rp.72,000,000,000 (tuju puluh dua milyar) dan rombongan gubernur melanjutkan perjalannya menuju tiba di lokasi ketel nilam Desa Alue Abed Kec. Panga Kab. Aceh Jaya. Dalam kegiatan ini dilakukan Pemaparan ketua kelompok yang menyampaikanbahwa Kina Jaya dibentuk tahun 2011 dan terdapat 5 tempat yaitu 2 di Kec Panga, Alu Piet, dan 3 tempat di Darul Hikmah, jumlah 120 orang anggota bergerak dibidang minyak nilam dengan hasil 2 ton per tahun kami bekerja sama dengan pihak dalam dan luar negeri untuk mensejahterakan petani, saat ini semua petani telah mendapatkan hasil dari tergabung nya di koperasi Kina Jaya ini dan kesejahteraan petani nilam saat ini sudah lumayan dengan bergabung dengan Kina, menampung bahan baku nilam 150 H tersebar di Kab. Aceh Jaya, kami sedang membangun strategi lain di lapangan agar semua transparan di lokasi penjualan nilam, Kami juga menampung seperti minyak pala dan bahan minyak lainnya bekerjasama dengan PT. General Aromatik anak perusahaan PT. Pain Betran dari Perancis, kami sudah memegang sertifikat halal dan Koperasi yang berbentuk industri cuma ada di Aceh.

Setelah kegiatan Dialog antara  Gubernur Aceh dengan Ketua Kina Jaya dan Sdr.Alex WNA sebagai Exportir Kina, Gubernur dan rombongan menuju pendopo Bupati Aceh Jaya Dusun Kuala Meurisi Desa Keutapang Kec. Krueng Sabee dan dilanjutkan menuju lapangan terbang Airstrip Desa Padang Datar Kec. Krueng sabee Kab. Aceh Jaya dan lepas landas dari lapangan terbang Airstrip Desa Padang Datar Kec. Krueng Sabee menuju kebandara Sultan IM Banda Aceh dengan mengunakan pesawat terbang.