Panen Perdana Cetak Sawah Baru Kodim 0116/Nagan Raya Tembus 6,5 Ton/Ha

Nagan Raya, Dandim 0116/Nara, Letkol Kav Mochamad Wahyudi. S.I.P,. M. Tr (Han) melaksanakan panen perdana cetak sawah baru seluas 1 Ha yang berada di 2 lokasi berbeda yakni Desa Kuala Tuha dan Desa Cot Rambong Kecamatan Kuala Pesisir Nagan Raya, Senin (19/02).

Panen perdana ini dihadiri Pasiter Kapten Arm Ainu Rochman, Kadistan Ir Banta Saidi, Kabid Perluasan Sawah, Sdr Kusnadi, Kabid Holtikultura Sdr Narudin Sp, Kabid BPS (Badan Pusat Statistik) Nagan Raya Sdri. Ir.Farida Husnah, Serma Suwandi, Danposramil Kuala Pesisir, Keucik Gampong Kuala Tuha, Sdr. Hamdan dan anggota kelompok tani Fajar Harapan

Pelaksanaan perluasan cetak sawah baru di desa Kuala Tuha seluas 12,13 Ha dan desa Cot Rambong seluas 10,67 Ha ini telah dilaksanakan pada bulan september tahun lalu kini telah membuahkan hasil ini merupakan salah satu upaya dari TNI bekerja sama dengan pemerintah meningkatkan produksi padi secara nasional. Dengan adanya cetak sawah baru maka adanya alih fungsi lahan sawah yang turut mengurangi produksi padi Nasional dapat diimbangi.

Menurut Dandim 0116/Nagan Raya, panen raya bersama yang kita laksanakan hari ini adalah hasil dari salah satu upaya dan usaha serta terobosan Kodim 0116/Nagan Raya dan Pemda Nagan Raya dalam upaya khusus bidang pertanian melalui program Perluasan sawah baru di wilayah Kabupaten Nagan Raya.

Sebelum pelaksanaan panen, Tim dari Badan Pusat Statistik melakukan pengambilan sampel dengan hasil  Titik pertama hasil 4,4 kg, Titik kedua hasil 3,7 kg, total  persentase rata-rata 4,4 kg+ 3,7kg=8,5kg =4,0 kg, jika dimergerkan sesuai rumus  maka didapatkan 10.000m2÷6,25m=1600m,  1600×4,0=6,5 ton/Ha jadi bisa disimpulkan hasil panen padi adalah 6,5 ton/Ha.

Ir. Farida Husnah, Kabid  BPS mengatakan  hasil persentase rata-rata 6,5 ton dinilai cukup baik pada panen perdana cetak sawah baru di wilayah Kodim 0116/Nara kali ini dan berharap  pemeritah bersama masyarakat kedepan dapat meningkat hasil pencapaiaan padi sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan khususnya di Kabupaten Nagan Raya

“Panen perdana yang diselenggarakan oleh Kodim 0116/Nagan Raya merupakan suatu langkah awal sekaligus menggairahkan semangat para petani untuk terus meningkatkan hasil pertanian khususnya padi dalam upaya mewujudkan swasembada pangan Nasional” pungkas Dandim.