Babinsa Cek Pertumbuhan Padi bersama Distan Agara

Kutacane–Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sertu Saiful anggota Koramil 03/Badar jajaran Kodim 0108/Agara bersama anggota Distan Edi Selian bantu anggota Poktan melakukan pengecekan tanaman padi yang kemungkinan terserang hama di areal persawahan yang berada di seluruh Desa kuta tinggi Kecamatan Badar Kabupaten Badar, Jum’at (23/02).

Sertu Saiful mengatakan bahwa, pengecekan terhadap tanaman padi merupakan proses untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal. Pengecekan hama ini dapat mengurangi persaingan antara gulma,hama dengan tanaman padi dalam hal kebutuhan sinar matahari.

“Dengan memutus perputaran hidup gulma, maka dapat mencegah perkembangbiakan hama penyakit tanaman dan tikus, serta dapat mencegah munculnya tanaman gulma yang akarnya dapat mengeluarkan racun bagi akar tanaman padi,” ujarnya.

Danramil 03/Badar  Kapten Inf Supian mengatakan, pengecekan yang dilaksanakan secara  langsung ke lapangan bertujuan untuk mengetahui dampak serangan hama tersebut dan selanjutnya akan berkoordinasi dengan penyuluh pertanian terkait pola penanganan serangan hama padi yang bisa berimbas pada produktiftas padi yang menurun.

“Sebagai aparat teritorial khususnya Babinsa yang ada di Lapangan akan melakukan berbagai upaya pendampingan ke petani dan juga kita melakukan koordinasi dengan pihak penyuluh agar persoalan yang dihadapi bisa dicarikan solusi khususnya dalam pemberantasan hama tanaman,” ujarnya.