Kodim 0116/Nagan Raya Galakkan Tanam Jeruk Lemon

Nagan Raya, Lemon,Siapa yang tak mengenal dengan tumbuhan yang satu ini? Tentu saja kita semua mengenal dengan tanaman ini. Tanpa kita sadari tumbuhan ini sudah menjadi keperluan kita sehari-hari. Misalnya saja pada saat kita sedang memasak, karena salah satu manfaat jeruk lemon adalah bisa menghilangkan bau amis, biasanya bau amis pada ikan. Selain itu jeruk lemon juga bisa digunakan sebagai obat dan kosmetik. Jeruk lemon adalah salah satu tanaman herbal yang banyak mengandung vitamin C.

Bagi anda tentu sudah biasa mengonsumsi lemon pada lemon tea. Buah dengan bentuk lonjong ini memiliki kadar air tinggi dan rasa manis masam yang segar Jenis buah jeruk lemon yang banyak dijual di supermarket atau di toko-toko buah, adalah jenis Lemon Import varietas EUREKA. Dari sekian banyak jenis lemon yang beredar, Eureka masih menduduki peringkat utama untuk prosentase jenis yang tersedia.

Produk buah merupakan salah satu komoditas yang mempunyai nilai ekonomi tinggi dan dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat. Salah satu Keunggulan hasil kebun buah adalah nilai jual yang tinggi serta potensi pasar yang terus meningkat, baik dalam maupun luar negeri.

Pengembangan hortikultura ini perlu dilakukan karena sampai saat ini produktivitasnya yang masih tergolong rendah. Kondisi ini disebabkan karena serangkaian berbagai faktor yang ada, antara lain : pola usaha tani yang tidak teratur, minimnya bibit dengan varietas unggul, serta rendahnya penerapan teknologi budidaya”.

Populasi tanaman rata-rata 800 pohon per hektare. Produksi buah pada usia 1,5 Tahun mencapai 2,5 Kg per-pohon atau sekitar 2 Ton perhektar dengan masa panen tiap pekan, atau 8 Ton perhektar/bulan.

Saat ini Nagan Raya masih terkonsentrasi pada hasil perkebunan sawit, padahal kondisi tanah juga sangat mendukung untuk pengembangan Tanaman Hortikultura, termasuk lemon.

Jeruk lemon dapat tumbuh di dataran tinggi maupun rendah, di daerah tropis seperti negara kita khususnya Nagan Raya ini dimana tingkat keasaman atau alkali tanah yang syaratkan pada kondisi nilai Ph 5,5 – 6,5, dan nilai itu terpenuhi disebagian besar area di Nagan Raya ini.

Menanggapi peluang tersebut, Kodim 0116/Nagan Raya beserta jajaran saat ini sedang membudidayakan tanaman hortikultura, khususnya jeruk lemon. Sudah beberapa waktu yang lalu Kodim telah mencoba membudidayakannya di areal Komplek Makodim. Dalam penyiapan bibit, Kodim 0116 sengaja mendatangkan dari luar daerah.

Sampai sejauh ini pohon jeruk yang sudah ditanam sangat bagus perkembangannya, ini membuktikan bahwa tanah di Nagan Raya sangat cocok untuk budidaya jeruk jenis ini.

” kami sangat serius dalam membudidayakan tanaman jeruk ini, karena prospeknya yang bagus dan cocok dengan kontur tanah yang ada di Nagan Raya, kami berharap tanaman ini menjadi alternatif pilihan tanaman holtikultura selain kelapa sawit”, ujar Dandim 0116/Nagan Raya, Letkol Kav Mochammad Wahyudi,S.I.P, M.Tr (Han).