Pangdam Iskandar Muda Buka Rapim Kodam IM TA 2018

Banda Aceh. Sebagai tindak lanjut dari Rapim TNI dan Rapim TNI AD yang diselenggarakan beberapa waktu lalu, bertempat di Aula Balai Teuku Umar, Senin (27/2/218) siang , Kodam IM menyelenggarakan Rapat Pimpinan (Rapim) Kodam Iskandar Muda TA. 2018 yang mengusung tema โ€œDengan dilandasi jiwa Ksatria, Militan, Loyal, Profesional, Modern dan Kemanunggalan Dengan Rakyat, Kodam IM siap mendukung tugas pokokโ€, yang dilaksanakan selama dua hari, 27 hingga 28 Februari 2018.

Rapim dibuka langsung oleh Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Facrhudin, S.Sos., dan dihadiri oleh Kasdam IM Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin, Irdam IM, Danrindam IM, para Danrem, para Asisten dan Kabalak Kodam IM serta para Komandan Kodim, para Komandan Batalyon dan para Komandan Detasemen satuan jajaran Kodam IM.

Tujuan diselenggarakannya Rapim Kodam IM TA 2018 untuk menyampaikan dan menyamakan persepsi tentang garis besar pelaksanaan Program dan Anggaran Kodam IM TA 2018 serta sebagai kelanjutan dari hasil evaluasi Program Kerja TA 2017.

Sementara sasaran dari kegitan Rapim ini adalah terwujudnya kesamaan persepsi dan tertib administrasi yang akuntabel dalam melaksanakan Program Kerja dan Anggaran TA. 2018, tercapainya pembinaan kekuatan kemampuan dan gelar kekuatan Kodam IM secara optimal dalam rangka keberhasilan pelaksanaan tugas serta terwujudnya kesiapan dan kesiapsiagaan satuan Kodam IM guna menghadapi hakekat ancaman yang mungkin terjadi pada tahun 2018 dan 2019.

Diharapkan, melalui Rapim ini kebijakan-kebijakan yang disampaikan dapat dijabarkan lebih lanjut di tiap Satker dan Balakdam, sehingga berbagai petunjuk perencanaan pimpinan Kodam IM termasuk Progja TA. 2018 dapat terwujud sesuai yang diharapkan. Selain itu juga sebagai forum para komandan satuan untuk mampu menyerap segenap informasi, pengetahuan, pengalaman, persoalan, dan juga pemecahannya yang sangat berguna bagi pelaksanaan tugas pokok di satuan masing-masing.

Dalam rapim terbut juga dibahas tentang situasi nasional maupun daerah, perkembangan situasi keamanan provinsi Aceh, kesiapan penyiapan gelar pasukan perbantuan Polri maupun komitmen netralitas Kodam IM dalam Pilkada 2018 maupun Pemilu 2019.

Selanjutnya dilaksanakan paparan dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh tentang mekanisme hibah barang dan uang TA.2018, mekanisme registasi hibah barang dan uang TA 2018 dan pengukuran kinerja serta paparan Asops Kasdam IM tentang Kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA).

Selain menerima arahan Pangdam, para peserta Rapim juga menerima paparan evaluasi dari Kasdam IM dan masing-masing bidang staf Kodam IM, mulai Staf Intelijen, Staf Operasi, Staf Personel, Staf logistik, Staf Teritorial, paparan dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh dan paparan Asops Kasdam IM tentang Kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA).

Bukan hannya itu saja, dalam Rapim ini juga dilasanakan paparan Dandim 0104/Aceh Timur sebagai juara umu lomba Binter tingkat TNI AD TA. 2017 (Adi Manunggal Utama) tentang tips penyiapan satuan dalam menghadapi lomba Binter Tingkat Utama sebagai motivasi para komandan satuan untuk berinovasi dalam memajukan satuannya.