Babinsa Koramil 01 Simtim Laksanakan Sergap di Wilayah Binaannya

Simeulue – Koramil Jajaran Kodim 0115/Simeulue melaksanakan Upaya Khusus ketahanan pangan seperti Koramil 01/Simtim melaksanakan Program ” SERGAP ” untuk menyerap hasil tani diwilayah binaan dengan harga yang berpariasi sebanyak 500 Kg. Rabu, 14/03/2018.

Pendampingan Koramil 01/Simtim kali ini difokuskan ke penyerapan gabah petani, hal ini sesuai dengan Program Kodim 0115/Simeulue yang telah membentuk Satgas Sergap Petani di Koramil jajaran. Komandan Koramil 01/Simtim memimpin langsung kegiatan Sergap sehingga pelaksanakan sergap bisa terlaksana dengan terbukti Koramil 01/Simtim untuk yang pertama telah membeli Gabah sebanyak 500 Kg.

Untuk menjaga kualitas gabah tentunya gabah yang di beli langsung dari petani harus segera di jemur kalau tidak tentunya akan tumbuh jamur karena kondisi gabah masih basah dan bahkan gabah bisa tumbuh kecambah apalagi gabah yang di dapat dari gabah yang tanaman padi ambruk. Kondisi demikian harus pinter pinter membaca situasi apabila cuaca cukup panas tentunya penjemuran dengan manual.

Serapan gabah memang harus betul betul jeli karena kalau tidak jeli tentunya untuk hasil bisa meleset dari perkiraan karena untuk membeli gabah langsung ke petani harus di cek kualitas gabahnya baik dari segi jenis maupun segi kebersihan gabah dari gabah kosong/gabuk maupun warna karena gabah yang di hasilkan oleh tanaman padi yang ambruk hasilnya akan berbeda kualitasnya dengan padi yang berdiri.