Babinsa Dampingi Warga Binaan Buat Batu Bata

Kutacane- Dalam mewujudkan kemanunggalan TNI bersama Rakyat, Serda Ahmad Sualan Babinsa Koramil 03/Badar jajaran Kodim 0108/Agara, membantu warga desa binaannya untuk membuat batu bata milik usaha Fahrudin (48) bertempat di Desa Batu Mberong Kec. Badar Kab. Aceh Tenggara, kamis (15/03).

Kegiatan kesehariannya disalah satu desa Batu Mberong Kec. Badar membuat batu merah dimana mayoritas di desa ada yang bekerja sebagai Petani dan pengerajin kerupuk, tetapi ada juga yang membuka usaha percetakan batu bata yang di peruntukkan kepada para masyarakat untuk membangun rumah-rumah mereka.

Fahrudin pemilik pengrajin batu bata mengatakan, Dalam pembuatan batu bata tersebut yang perlu dipersiapkan adalah tanah liat yang bagus, alat cetak berupa kotak kecil dan tali serta papan kecil, setelah semua alat tersebut disediakan, batu bata ini lalu di cetak lalu dibakar sampai berwarna kemerah merahan.

Lanjutnya, proses pembuatan batu bata dibutuhkan keterampilan keuletan untuk menyelesaikannya, Karena dalam proses ini dibutuhkan teknik-teknik tertentu, kemudian harga jualnya dalam 1 batu bata dipasarkan berkisar Rp. 400, ujarnya.

Babinsa menuturkan, kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk membantu memajukan serta mendukung kesejahteraan usaha milik warga yang ada di Desa, karena batu bata merupakan salah satu bahan material diperuntukkan sebagai pembuat dinding rumah, selain itu bisa digunakan untuk berbagai jenis bangunan yang lain.