Babinsa Koramil 07/Babahrot Bersinergi Dengan Babinkamtibmas Laksanakan Pengamanan Peninjauan Lahan HGU PT CA

Abdya- Babinsa Koramil 07/Babahrot Kodim 0110/Abdya Serka Armantis bersinergi dengan Babinkamtibmas setempat laksanakan pengamanan peninjauan lahan HGU PT. Cemerlang Abadi oleh BPN pusat Jakarta, berlansung di Desa Cot Sumantok, kecamatan setempat, Kabupaten Aceh Barat Daya, Rabu (14/3/18).

Peninjauan lahan yang melibatkan BPN Pusat, Provinsi dan daerah ini didampingi langsung oleh Bupati Abdya Akmal Ibrahim, SH. berserta Wabup Muslizar MT, Muspika, dan para Kelompok Tani setempat, serta Direktur Kepala PT. Cemerlang Abadi Ferry Tanuwidjaya.

Untuk diketahui, sebelumnya sekelompok masa yang terdiri dari berbagai kelompok tani tersebut sempat memlokade jalan saat rombongan Bupati Abdya melintasi daerah tersebut. Massa berorasi menuntut Aspirasi mereka yang antara lain, selama 30 tahun keberadaan PT Cemerlang Abadi beroperasi di Abdya belum memberikan dampak dan keuntungan bagi masyarakat setempat,  banyaknya lahan HGU PT Cemerlang Abadi yang terbengkalai akibat dari kurangnya pengelolaan dari PT tersebut, dan terakhir massa menuntut kepada Bupati agar tidak memperpanjang surat ijin operasional PT Cemerlang Abadi.

Menanggapi hal itu BPN Pusat Jakarta menyampaikan bahwa mereka dari Kementrian Agraria BPN hanya sebagai pelaksana tugas, meninjau dan mengambil dokumentasi lahan HGU PT Cemerlang Abadi. Hal ini sesuai dengan prosedur perpanjangan ijin operasional suatu PT. “Dan kami tidak ada hak untuk memutuskan suatu perkara disini”, kata Ibu Mutia dari BPN Pusat Jakarta.

Peninjauan lahan HGU tersebut berlangsung aman dan lancar sampai dengan pukul 16.05 WIB, berkat pengawalan ketat dari pihak keamanan, Babinsa dan Babinkamtibmas.