Bentuk Komitmen Koramil 18/Trienggadeng Sukseskan Swasembada Pangan

Pidie Jaya – Dalam rangka mencegah terjadinya Gagal Panen, Koramil 18/Trienggadeng Kodim 0102/ Pidie Bersama Balai Penyuluh Pertanian dan Petugas Penyuluh Pertanian Lapangan dampingi Kelompok tani Reudep jaya melaksanakan penyemprotan hama wereng coklat yang telah menyerang tanaman padi, bertempat di desa Reudep kec. Panteraja kab. Pidie jaya. Rabu (21/03/18).

Komandan Koramil 18/Trienggadeng Kapten Inf Dwi Santosa menyampaikan bahwa kegiatan pendampingan tersebut sebagai bentuk Komitmen Kodim 0102/ Pidie dalam hal ini Koramil Trienggadeng dalam rangka mensukseskan program Upsus tiga komoditas utama padi jagung kedelai (pajale) yang menjadi konsen pemerintah dalam mewujudkan kedaulatan pangan.

Lebih lanjut Danramil menyampaikan bahwa seluas 32 Ha Tanaman Padi milik kelompok tani terkena serangan hama wereng Coklat, seluas 10 Ha sudah masuk kategori berat dan 22 Ha kategori ringan. Penyemprotan Hama Wereng Coklat kali ini merupakan penyemprotan tahap ke-2 dengan menggunakan obat Insektisida Starfidor 5 wp dan Mibcinta 50 wp sebanyak 10 Kg

Hal ini kita lakukan agar penyebaran hama wereng coklatย  tidak semakin meluas ke lahan sawah yang lainnya , apalagi penyebaran hama wereng coklat bisa menyebar melalui angin.

Guna mencegah terjadinya Gagal Panen yang jelas akan membuat petani merugi, Koramil 18/Trienggadeng akan terus berkoordinasi dengan PPL, PHP untuk selalu memantau perkembangan tanaman padi yang ada diwilayah Kecamatan Trienggadeng dan Kecamatan Pante raja.

Hadir dalam kegiatan penyemprotan massal tersebut Danramil 18/Tripa, Kapten inf Dwi santosa, Kasi pupuk & Pestisida distanpang pidie jaya, Sirajuddin SST, kepala lab. Keumala, Mustapa SP, kechik desa reudep, Abbas sulaiman., sekdes desa Reudep, M. Yasin, Kepala BPP kec. Panteraja, ibu Nurlaini SP, PHP kec. Panteraja,ย  sdr. Hamdani SP, koordinator PHP pidie jaya,Hamdani SP, Mantri tani kec. Panteraja, sdr. Khoirul Spt,ย  PPL kec. Panteraja, sdr. ismail, Dede Ns. Babinsa Ramil 18/Tripa.sejumlah. 4 orang, Babinkamtibmas Polsek Trienggadeng sejumalah: 2 orang, Anggota Poktan Reudep jaya 32 orang.