Pangdam IM Pimpin Rapat Kesiapan TMMD Reguler ke 101 dan Imbangan Tahun 2018

Banda Aceh. Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Facrhudin, S.Sos., menerima paparan rencana kesiapan pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 101 dan Imbangan tahun 2018 di Sanggamara Loung, Makodam IM Jl. Ahmad Yani No. 1. Rabu (21/3/2018).

TMMD Reguler ke 101 dan Imbangan Tahun 2018 di Kodam Iskandar Muda dilaksanakan oleh empat Kodim, yakni wilayah Kodim 0101/BS di Kabupaten Aceh Besar, Kodim 0104/Aceh Timur di Kab. Aceh Timur, Kodim 0108/Aceh Tenggara di Kab. Aceh Tenggara dan Kodim 0110/Aceh Barat Daya Kab. Abdya.

Rapat paparan turut dihadiri Irdam, Danrem 011/LW, Bupati Aceh Besar, Wakil Bupati Abdya, Wakil Bupati Aceh Tenggara, Ketua DPRK Aceh Besar, para Pa Ahli, Asisten, Kabalak , Danlanal Sabang, Danlanud SIM, Dandim 0101/BS, Dandim 0104/Atim, Dandim 0110/Abdya, Dandim 0108/Agara.

Menurut Pangdam, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementrian, lembaga pemerintah dan non pemerintah dan Pemda dan segenap lapisan masyarakat. Diharapkan melalui TMMD di harapkan dapat mewadai aspirasi dan kepentingan masyarakat pedesaan.

“Pada proses perencanaan, TNI selalu melibatkan berbagai instansi dan komponen masyarakat sebagai pelaku, pelaksana TMMD dan kegiatan ini disusun dengan sistem bottom up planning”. Terang Pangdam.

Lanjut Pangdam, peran dan kerjasama dari semua stake holder, BUMN/BUMD, SWASTA maupun media masa dalam mempublikasikan informasi yang benar merupakan hal yang sangat penting bagi keberhsilan program TMMD.

Pangdam menyatakan, program TMMD bukan hannya membuka daerah terisolir, membuka jalan untuk meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat namun tidak kalah pentingnya dari tujuan TMMD adalah memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Program TMMD yang berkesinambungan diharapkan dapat mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi ber-bagai bentuk ancaman, yang muaranya akan berdaya guna bagi kepentingan pertahanan negara.

Pangdam berpesan, keberhasilan program TMMD dapat dicapai apabila dilakukan dengan baik dan penuh tanggungjawab serta terus berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi dan Kabupaten maupun instansi terkait guna kelancaran pelaksanaan kegiatan untuk hasil yang optimal.

Selanjutnya, Pandam IM dan peserta rapat menerima paparan dari Dandim 0101/BS, Dandim 0104/Atim, Dandim 0110/Abdya, Dandim 0108/Agara yang akan melaksanakan program TMMD di wilayahnya mulai dari rencana, sasaran fisik dan sasaran nonfisik.