Babinsa Koramil 04/Sk Bantu Petani Bersihkan Gulma

Singkil – Babinsa Koramil 04/Simpang Kanan membantu petani anggota Pok Tani Indah Damai Desa Lae Riman membersihkan hama rumput /gulma di lahan persawahan  yang telah ditanami padi. Kamis (22/3/18).

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian aparat teritorial terutama babinsa kepada masyarakat dalam membantu dan mensejahterakan para petani melalui kegiatan swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah sekarang ini.

Sesuai instruksi dari Komando Atas melalui Dandim 0109/Singkil, Letkol Kav Kapti Hertantyawan, S.H. menyampaikan bahwa tugas TNI-AD selain Operasi Militer Perang (OMP) adalah Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Untuk saat ini OMP tidak ada lagi, yang ada adalah OMSP yang mana kegiatan dalam OMSP salah satunya adalah kegiatan membantu mengatasi permasalahan yang ada di wilayah dengan bekerja sama dengan pemerintah baik pusat maupun daerah yang salah satunya adalah masalah peningkatan swasembada pangan.

Oleh karena itu babinsa sebagai garda terdepan Satuan Teritorial yang berhubungan langsung dengan masyarakat khususnya para petani harus mengetahui permasalahan yang ada di wilayah binaannya dan diharapkan babinsa juga dapat menyelesikan semua permasalahan sesuai kemampuan dan kewenangannya, seperti salah satu contohnya peran babinsa dalam membantu petani mengatasi hama gulma di sawah.

Sakti pohan salah satu anggota Pok Tani Indah Damai Desa Lae Riman menyampaikan sangat berterima kasih kepada bapak babinsa atas perhatiannya yang selama ini mendampingi kami sebagai petani sehingga kami dapat melaksanakan rutinitas kami sebagai petani dengan aman dan nyaman.Selain itu dengan adanya bapak babinsa keluh kesah kami sebagai petani dapat tersalurkan karena arahan dan bimbingan dari bapak babinsa.

Babinsa Desa Lae Riman, Kopda Raja’i menyampaikan bahwa seluruh kegiatan yang dilakukan adalah murni dari jiwa kami dan panggilan tugas,kami sebagai babinsa akan selalu berada dekat dengan masyarakat kami agar masyarakat merasa nyaman dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari.

Lanjut Kopda Raja’i selain itu, saya berharap kepada masyarakat agar tidak segan-segan kepada babinsa untuk menyampaikan segala permasalahan agar nantinya tercipta rasa aman dan nyaman dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Keterlibatan TNI secara langsung khususnya para Babinsa yang berperan sebagai ujung tombak Satuan Teritorial yang berada langsung di tengah masyarakat diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menyelesaikan dan membantu semua masalah yang ada di wilayah binaannya dengan selalu berpegang teguh dengan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI.