Komsos Wujudkan Kemanunggalan TNI-Polri dan Masyarakat

Takengon – Untuk mendukung tugas pokok sebagai ujung tombak Satuan Komando Kewilayahan ( Satkowil ) dalam bidang teritorial, Babinsa Kodim 0106/Ateng dalam hal ini seperti yang di lakukan oleh Koramil-10/Pgs Sertu Tua H. Nasution bersama Bhabinkamtibmas Brigadir Misno melaksanakan Komunikasi Sosial ( Komsos ) dengan Reje Rahmayada, bertempat di Kedai makan Desa Kayu Kul Kec. Pegasing Kab. Aceh Tengah, Kamis ( 22/03/18 ).

Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Hendry Widodo mengatakan, salah satu tugas TNI AD adalah pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang dijabarkan melalui kegiatan Binter, guna meningkatkan geografi, demografi maupun kondisi sosial menjadi ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan Negara.

Metoda Komsos merupakan suatu cara yang diselenggarakan oleh satuan jajaran TNI AD yang berhubungan dengan perencanaan dan kegiatan untuk memelihara serta meningkatkan keeratan hubungan dengan segenap komponen bangsa guna terwujudnya saling pengertian, kebersamaan yang memungkinkan timbulnya keinginan masyarakat untuk berpartisipasi pada kepentingan bidang pertahanan.

Selanjutnya Dandim menjelaskan, sebagai sasaran ke dalamnya adalah untuk menunjang pelaksanaan fungsi Teritorial sebagai upaya membangun kesadaran pertahanan aspek darat dalam mengurangi timbulnya sikap mental aparat kewilayahan yang dapat merugikan citra TNI AD, meningkatnya kemampuan danย ย ย ย ย  keterampilan dalam memahami permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan tugas fungsinya.

Sedangkan sasaran ke luar yaitu mewujudkan kesamaan visi, misi dan interpretasi dari segenap komponen bangsa terhadap sistim pertahanan semesta khususnya aspek darat, ketahanan wilayah yang kondusif guna mendukung pelaksanaan pembangunan, kesadaran bela Negara bagi segenap lapisan masyarakat serta meningkatnya kemanunggalan TNI-Rakyat.