Pengukuhan dan Pelepasan Ibu Raksakarini Sri Sena Daerah Iskandar Muda

Banda Aceh – Korp Wanita Angkatan Darat jajaran Kodam Iskandar Muda menggelar acara Pelepasan dan pengukuhan Ibu Raksakarini Sri Sena Daerah Iskandar Muda dari Ny. Santy M. Fachrudin S.Sos kepada Ny. Yosi Abdul Hafil Fuddin, berlangsung di Balai Teuku Umar Kodam IM, Sabtu (24/3/18).

Pelepasan dan pengukuhan itu dilakukan oleh Perwira Koordinator Kowad Kodam Iskandar Muda Mayor Ckm (K) dr. Hasnita.

Pantauan dilokasi, sebelum acara pelepasan dan pengukuhan dilaksanakan, personel Kowad Kodam Iskandar Muda menampilkan tarian Aceh yaitu tarian Mumang yang di kreasikan dan dinyanyikan oleh Rafli Kande.

Dikukuhkannya  Ny. Yosi Abdul Hafil Fuddin  sebagai Ibu Raksa Karini Sri Sena merupakan sebagai simbol makna dari Raksa Karini Sri Sena yang berarti Ibu yang dipercayakan sebagai pembimbing dan penuntun segenap prajurit Korps Wanita Angkatan Darat di Kodam Iskandar Muda.

Ibu Raksakarini Sri Sena mengharapkan kepada anggota Kowad  agar dapat menjaga dan memegang teguh kehormatan diri dan martabat kewanitaan, sesuai janji setia yang tercantum dalam Sad Sayta Sri Sena, atau enam janji prajurit wanita.

“Saya percaya bahwa jiwa Sad Satya Ari Sena telah melekat dalam jiwa prajurit kowad sejak dilantik, sehingga godaan apapun yang dihadapi tidak akan menggoyahkan komitmennya untuk memegang teguh janji setia tersebut,” ucapnya.Sementar, Ny. Santi Moch. Fachrudin  (mantan pejabat Ibu Raksakarini Sri Sena Daerah Iskandar Muda) berpesan kepada Kowad agar selalu menjaga kekompakan dan menjalin komunikasi yang baik dengan satu sama lain.

“Jaga kekompakan dan jalin hubungan silaturahmi, agar Kowad Kodam Iskandar Muda tetap solid, , serta mempunyai jiwa korsa yang tinggi,” pesan Ny. Santi Moch. Fachrudin  .

Sebagai wanita dan juga prajurit, mantan Ibu Raksakarini Sri Sena Daerah Iskandar Muda ini juga berharap kepada Kowad Kodam Iskandar Muda agar selalu meningkatkan disiplin dan prestasi di segala bidang.

“Jauhi pelanggaran sekecil apapun. Tingkatkan prestasi, buat nama satuan ini (Kodam IM) semakin harum,” pesannya.

Sedangkan Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Teuku Abdul Hafil Fuddin SH SIP MH dalam sambutannya menjelaskan, bahwa keberadaan ibu Raksakarini Sri Sena ini dimaksudkan  untuk memberikan bimbingan dan pembinaan di bidang kewanitaan kepada personel Kowad jajaran Kodam Iskandar Muda dalam rangka meningkatkan kualitas pengabdiannya kepada bangsa dan negara.“Tugas ibu Raksakarini Sri Sena juga berkaitan dengan pemeliharaan kodrat dan sifat kewanitaan anggota Kowad serta pemeliharaan kodrat dan sifat kewanitaan anggota Kowad. Selain itu pemeliharaan kesadaran anggota Kowad sebagai ibu sekaligus isteri dalam lingkungan keluarga dan sebagai wanita dalam lingkungan kedinasannya,” jelas Pangdam IM dalam sambutannya.

Turut hadir Kasdam, Ibu Wakil Ketua PD IM, Irdam, Danrem 011, Danrem 012, para Pa Ahli, Asisten Kodam, Kabalak, LO AL, LO AU dan anggota Kowad Kodam IM serta Pengurus Persit KCK PD IM.