Koramil-14/Ketol Di Peusijuk

Takengon – Danramil-06/Silih Nara Kapten Inf Iwan Mulyawan beserta seluruh Prajurit, Forkopimka, para Reje, Toga, Tomas, Todat, Toda dan masyarakat beramai-ramai melaksanakan tradisi adat Peusijuk Markas Koramil 14/ Ketol, bertempat di Kampung Blang Mancung Induk Kecamatan Ketol Kabupaten Aceh Tengah, Senin ( 9/4/18 ).

Dalam kesempatan tersebut Komandan Ramil menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses pembangunan Makoramil tersebut sehingga dapat selesai dan sampai saat ini akan kami gunakan sebagai kantor TNI di tingkat Kecamatan.

“Koramil-14/Ketol sebelumnya merupakan Pos Ramil yang sesuai dengan organisasi di bawah kendali Komando Ramil-06/SN, di mana Koramil kami ini masih mencakup Tiga Kecamatan yaitu Silih Nara itu sendiri, Celala dan Rusip Antara”, Jelasnya.

Peusijuek merupakan salah satu tradisi warisan budaya yang sangat kaya akan nilai-nilai dan makna khusus di dalamnya, antara lain ungkapan rasa syukur kepada Alloh SWT atas segala nikmat maupun kebahagaiaan, selain itu juga sekaligus menjadi permohonan serta harapan agar selalu memperoleh keselamatan, keberkahan dan kesejahteraan.

Sebagai penutup Danramil mengharapkan, kantor yang sudah selesai di bangun dan baru saja di peusijuk ini agar semua pihak ikut menjaganya karena kantor tersebut akan ditempati oleh Tentara, TNI itu adalah dari Rakyat, untuk Rakyat dan akan kembali ke Rakyat, maka dari itu kantor tersebut juga milik masyarakat bersama dengan TNI.

lebih lanjut Salah satu Pemuda Blang Mancung Thohir mengucapkan sangat terima kasih, senang dan bangga kepada pihak TNI karena kantor Makoramil Ketol sudah selesai di bangun dan aktif untuk bergabung bersama-sama dengan masyarakat, sehingga kami kalau berkomunikasi tidak jauh lagi ke Silih Nara, selain itu kami juga menyambut positif atas kehadiran TNI, khususnya Babinsa.