Babinsa Koramil-10/Pgs Bantu Petani Nyemprot Padi

01 Babinsa Koramil

Takengon - Guna mempertajam Program Upsus Pajale, Babinsa Koramil-10/Pgs Kopda Suryadi mendampingi sekaligus membantu Pok Tani Mahbengi Ihsan melaksanakan penyemprotan pada tanaman padi jenis Pulo Aceh yang berumur 2 bulan seluas 1 Ha, yang bertempat di lahan persawahan Desa Terang Ulen Kec. Pegasing Kab. Aceh Tengah, Selasa ( 24/04/2018 ).

Di sela waktunya Babinsa mengatakan, agar memperoleh hasil produksi gabah yang maksimal, harus di laksanakan tehnik dan strategi khusus tentang cara perawatan yang benar, apalagi ketika tanaman padi mulai diserang hama atau penyakit, diantaranya penyemprotan seperti yang kami lakukan saat ini dalam membantu Petani, hal tersebut bertujuan untuk memberantas hama pada tanaman padi, sehingga padi bisa tumbuh subur, optimal dan cepat berkembang.

Lanjutnya, Waktu yang tepat untuk melaksanakan penyemprotan adalah pagi jam 09.00 atau sore jam 15.30 disaat mulut daun padi mulai terbuka, sehingga cairan pestisida akan lebih mudah diserap oleh tanaman hingga masuk ke dalam lapisan jaringan, dengan demikian hama dapat segera mati ketika mencoba memakan bagian tanaman.

Menyemprot tidak harus keseluruhan bagian tanaman, selain membutuhkan biaya produksi yang cukup mahal dan memakan waktu relatif lama, agar bisa efektif dalam menyerap pestisida tanpa perlu membutuhkan dosis terlalu banyak, untuk bagian tanaman yang dimaksud adalah di bawah permukaan daun, Ungkap Babinsa.

Terakhir Babinsa mengharapkan, untuk mencegah serangan hama, supaya kondisi tanaman padi tetap baik, penyemprotan bisa dilakukan sejak dini, pada umur 10 hari setelah tanam dan gunakan dosis yang kecil atau sesuai dengan rekomendasi dari dinas pertanian Aceh Tengah.

Komentar

Loading...