Permantap Intelijen Satuan Kodim Agara

Kutacane-Untuk mempertajam mendapat suatu informasi di lapangan, Kodim 0108/Agara menggelar kegiatan dengan melalui latihan teknis intelijen kita tingkatkan kemampuan satuan dalam melaksanakan tugas-tugas penyelidikan, pengamanan, penggalangan dan administrasi intelijen di Aula Balai Prajurit Makodim 0108/Agara jalan Cut Nyak Dhien Kutacane Kec. Babussalam Kab. Aceh Tenggara. Senin (7/5/18).

Kegiatan ini merupakan program Staf Operasional Kodim 0108/Agara pada triwulan II TA. 2018 yang digelar selama 5 hari. Materi yang digelar diantaranya, Positive Clandestine Intelelijens (PCI), Pengamatan Khusus Intelijen (Matsus Intel), Administrasi Intelijen (Min Intel) dan Rencana Operasi (Renops) Intel yang diikuti sebanyak 29 orang dengan pelaku 18 orang penyelenggara pendukung 11 orang.

Pimpinan Umum Latihan (Pimumlat) Letkol Kav Joni Hariadi, S.E, M.T.opsla yang diwakili oleh Pengawasan Evaluasi (Wasev) Mayor Inf Eduar Hendri Desky saat briefing menegaskan kepada personel untuk selalu meningkatkan kemampuan intelijen, bagi prajurit yang memiliki kualifikasi intel sesuai dengan bidangnya, mengingat semakin pentingnya Deteksi Dini(Deni) dan Pencegahan Dini (Ceni) terhadap suatu permasalahan sosial yang timbul.

Maka insan intelijen perlu dibekali pengetahuan yang cukup, agar tugas tugas satuan intelijen di lapangan dapat bekerja dengan baik, sesuai dengan Tupoksi sesuai harapan dari Komando atas dapat diaplikasikan dalam Mengumpulkan Keterangan (Pulket), Ungkapnya.

Danlat Kapten Inf Risman Batubara menambahkan bahwa, tugas intelijen terdiri dari pengamanan,penyelidikan dan penggalangan namun tanpa pendidikan dan pelatihan yang baik, maka tugas pokok intelijen tersebut tidak mungkin dapat terwujud, Ujarnya.

Koordinator Materi Kapten Inf Holong Siregar disela waktu utarakan melalui pelatihan ini diharapkan setiap insan intelijen selalu waspada terhadap perkembangan lingkungannnya,terutama mampu mengaplikasi di lapangan tentang makna “kemampuan temu cepat lapor cepat” pada setiap kejadian yang timbul dan pada akhirnya sekecil apapun permasalahan dapat diketahui,dicegah dan diatasi, sebutnya.