Babinsa Ramil 02/Rundeng Pantau Kelanjutan Pengerjaan Jambanisasi

Babinsa Koramil 02/Rundeng  Serka Razali  melanjutkan program jambanisasi dan membantu pengerjaannya di rumah pak kuslan bancin warga Desa Badar Kecamatan Rundeng, senin (07/05/2018).

Pembuatan jamban gratis bagi masyarakat miskin dan kurang mampu ini sebagai wujud kepedulian satuan Kodim 0118/Subulussalam khususnya Koramil 02/Rundeng terhadap kondisi masyarakat desa yang masih belum memiliki jamban.

Serka Razali menyampaikan “bahwa buang hajat di sungai untuk saat ini sudah tidak jamannya lagi. Disamping dilihat tidak baik, buang hajat disungai berdampak penyakit yang paling sering terjadi akibat buang air besar sembarangan ke sungai adalah Escherichia coli”.

“Itu merupakan penyakit yang membuat orang terkena diare. Setelah itu bisa menjadi dehidrasi, lalu karena kondisi tubuh turun maka masuklah penyakit-penyakit lain,” bebernya.

Menurutnya, pembuatan jamban diwilayah Kecamatan Rundeng dilaksanakan secara tersebar di setiap desa, sebelum pembuatan para Babinsa melakukan cek dan pendataan di lapangan sehingga akan tepat sasaran.

“Hal ini disamping sebagai aplikasi kegiatan program komando atas, jambanisasi ini sekaligus upaya agar masyarakat bisa hidup sehat,” imbuhnya.

Dijelaskannya, kegiatan ini disamping dapat meringankan beban rakyat, juga jalinan komunikasi sosial akan juga tercapai guna memperkokoh kemanunggalan TNI–Rakyat khususnya di wilayah Kodim 0118/Subulussalam.

“Melalui kegiatan jambanisasi ini mari kita wujudkan masyarakat sehat dan sejahtera,” tukasnya.