Asops Kodam IM: Yonif Raider 112/DJ Satuan Andalan dan Kebanggaan Kodam IM

Banda Aceh – Asisten Operasi Kodam Iskandar Muda Kolonel Inf Wawan Irawan  meninjau langsung  Latihan Pemeliharaan Raider TA. 2018 di Desa Lambung kecamatan Kuta Raja Banda Aceh. Kedatangan Asisten Operasi Kodam IM disambut oleh Danyonif Raider 112/Dharma Jaya Mayor Inf Agus Al Fauzi, S.I.P., M.I.Pol. selaku Komandan Latihan dalam Latihan Pemeliharaan Raider. Kamis/10/05/2018.

Lokasi yang di tinjau yaitu latihan pembebasan tawanan di Gedung Escape Bulding Desa Lambung Kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh. Latihan berlangsung dari tanggal 27 April  sampai 05 Mei 2018  di daerah latihan Banda Aceh Komplek yang di ikuti 438 prajurit Raider.

Disela peninjaunnya, Asops Dam IM menyampaikan, Batalyon Infanteri Raider 112/Dharma Jaya adalah satuan andalan dan kebanggaan Kodam IM yang memiliki kualifikasi Raider, dimana kemampuannya tiga kali lipat dari kemampuan Batalyon Infanteri biasa yang disiapkan untuk melaksanakan pertempuran, baik di hutan dan di perkampungan atau kota.

Untuk itu, melalui latihan Pemeliharaan Raider ini, para peserta dibekali berbagai pengetahuan dan keterampilan olah keprajuritan yang berkaitan dengan taktik dan teknik bertempur Infanteri.

“Adapun materi latihan yaitu Patroli, Raid Pembebasan Tawanan, Penanggulangan Teror, Raid Penghancuran, Infiltrasi dan Eksfiltrasi, Sermukim, Pertempuran Jarak Dekat, Penyeberangan basah, Renang Taktis dan Mobud,” ungkapnya  Asops.

Latihan Pemeliharaan Raider bertujuan untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan prajurit baik perorangan maupun kelompok sehingga prajurit mahir dalam melaksanakan tugas operasi yang bersifat khusus serta memelihara kesiapan operasional satuan dalam menghadapi perkembangan situasi baik regional maupun nasional.  “Saya berharap dengan latihan ini, prajurit Yonif Raider 112/Darma Jaya bisa lebih mahir dan  menguasai operasi khusus menggunakan taktik dan teknik  Raider baik perorangan maupun kelompok,” Ujar Asops.