logo
logo
Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayor Jendral TNI Abdul Hafil Fuddin SH, SIP, MH, berserta seluruh jajaran Kodam Iskandar Muda, dan Persit Kartika Chandra Kirana, mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah Tahun 2018 Masehi, kepada seluruh umat muslim khususnya di Provinsi Aceh

Dandim Agara Beri Wawasan Penanganan Konflik Sosial

Kutacane – Untuk memberikan pemahaman tentang wawasan di zaman modern ini, Badan Kesbang Polinmas Kab. Agara menggelar kegiatan sosialisasi penanganan konflik sosial TA. 2018 akan meningkatkan keamanan dan ketahanan nasional yang digelar di Aula Pusat Pembangunan Mutu Guru (PPMG) Desa Mbarung Kec. Babussalam Kab. Aceh Tenggara. Senin (14/5).

Dalam sambutan Bupati Kab. Agara Drs. Raidim Pinim, M.A,p sekaligus membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi penanganan konflik sosial tahun 2018 dalam hal ini diwakili oleh Kaban Kesbang Polinmas Kab. Agara Drs. H. Hadimin Karo-karo, MM yang pada intinya kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan bertujuan untuk menanamkan wawasan kebangsaan serta toleransi antar umat beragama kepada masyarakat Kab. Agara khususnya kepada para generasi muda sehingga nantinya kondisi di daerah kita ini tetap kondusif serta jauh dari konflik.

Toleransi kerukunan umat beragama maka dari itu kita dari Badan Kesbang Polinmas Kab. Agara melaksanakan kegiatan sosialisasi ini terutama kepada para generasi muda untuk menanamkan wawasan kebangsaan sebab apabila kondisi di daerah kita sudah aman atau kondusif maka kita akan merasa enak untuk melaksanakan aktifitas kita sehari-hari.

Kita antar sesama harus saling menjaga agar tidak terjadi konflik sekecil apapun di Daerah kita yang dimulai dari pribadi kita masing-masing dan diharapkan para peserta Sosialisasi yang hadir saat ini dapat berperan sebagai ujung tombak dalam penanganan konflik sosial dengab harapan kepada kita semua agar saling menjaga kebersamaan,saling menghormati dan selalu menjaga kerukunan antar umat beragama maupun suku di Kab. Agara ini mengingat daerah kita ini termasuk Daerah Heterogen yang terdiri dari berbagai macam Suku, Ras dan Agama, sebab selain menjalankan Roda Pemerintahan, pihak Pemerintahan juga mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menjaga serta memelihara keamanan di daerahnya dan hal tsb tidak terlepas dari peran dan Kesadaran masyarakat secara utuh untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga keamanan.

Baca Juga:  Trail Enduro Competition Bupati Aceh Besar Cup II Ajang Cari Bibit Rider Prestasi

Pengisi materi tentang peran TNI dalam meningkatkan ketahanan nasional dibawakan oleh Dandim 0108/Agara Letkol Kav Joni Hariadi, S.E, M.T.opsla yang pada intinya diera saat ini Negara kita selalu diadu domba dengan mengatasnamakan Agama, Suku dan Daerah, sebab Negara kita sangat rentan untuk diadu domba dikarenakan Negara kita yang terdiri dari berbagai macam Suku, Agama, Ras dan Golongan, oleh sebab itu untuk mencegah hal tsb harus diawali dari diri kita sendiri dengan menjalankan fungsi masing-masing.

Ketahanan Nasional merupakan salah satu konsepsi khas Indonesia yang berupa konseptual tentang pengaturan dan penyelenggraan negara.

Menurut Lemhanas Ketahanan Nasional adalah kondisi dinamis bangsa Indonesia yang berisi keuletan dan ketangguhan dalam menghadapi dan mengatasi segala ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan baik yang datang dari luar maupun dari dalam negeri langsung atau tidak langsung yang dapat membahayakan integritas, identitas serta kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Ketahanan Nasional meliputi ideologi, politik, ketahanan ekonomi, ketahanan sosial budaya dan ketahanan pertahanan keamanan,ungkapnya.

Diakhir penutupan kegiatan Wasbang Sosialisasi Penanganan Konflik Sosial diisi oleh Sekretaris Badan Kesbang Polinmas Kab. Agara An. Faisal Lamin, S.Sos, yang intinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber dan seluruh peserta sosialisasi serta diharapkan kepada para peserta agar dapat menyerap materi yang telah disampaikan oleh para nara sumber sehingga kegiatan ini dapat berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat dan negara dengan tujuan agar persatuan dan kesatuan di Negara kita tetap utuh dan tidak terjadi konflik,pungkasnya.

Kegiatan Wasbang dihadiri lebih dari 100 orang diantaranya Kasat Binmas Polres Agara AKP Ali Umar, Sekretaris Badan Kesbangpol Kab. Agara Faisal Lamin, S.Sos, Kabid Ketahanan Ekonomi, Sosbud dan Ormas Badan Kesbang Polinmas Kab. Agara Syah Bandar, SH, M.Kes, Kabid Penanganan Konflik dan Kewaspadaan Nasional Badan Kesbangpol Kab. Agara Sumiat, SE, Kabid Politik Dalam Negeri Badan Kesbangpol Kab. Agara Hj. Salabiah, S.E, Staf Badan Kesbang Polinmas Kab. Agara,Mahasiswa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, PNS Setda Kab. Agara dan Tamu Undangan lainnya.

Baca Juga:  BAKAR SEMANGAT PRAJURIT RAIDER, DANYON PIMPIN ANAK BADAK LARI JALANAN 8 KM