KODIM 0111/BIREUEN MEUGANG SAMBUT RAMADHAN

BIREUEN – Komando Distrik Militer (Kodim) 0111/Bireuen melaksanakan penyembelihan hewan sapi bertempat di lapangan Makodim Bireuen Jalan Medan – Banda Aceh Desa Blang Blahde Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen, Rabu (16/5/2018).

Penyembelihan hewan tersebut adalah dalam rangka tradisi “Meugang” menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan 1439 H, yaitu tradisi dimana masyarakat Aceh melakukan masak dan makan daging bersama sanak saudara sebelum memasuki bulan puasa Ramadhan, demikian pula yang dilakukan oleh anggota Kodim 0111/Bireuen.

Dandim 0111/Bireuen Letkol Inf Amrul Huda, S.E., M.M., MSc., meyampaikan,” Tradisi meugang” tersebut yaitu tradisi menyambut hari besar keagamaan yakni sukacita datangnya bulan suci Ramadhan dengan memakan daging sapi atau kerbau pada saat santap sahur pertama dan buka puasa pertama.

Bagi masyarakat Aceh, menyambut Ramadhan atau lebaran tanpa meugang akan terasa hambar. Walaupun bukan sebuah kewajiban, namun sudah menjadi tradisi dan bagian dari kearifan lokal Aceh, sehingga jarang dijumpai pada masyarakat Aceh yang tidak makan daging sapi atau kerbau menjelang Ramadhan tiba.Ujarnya.