Peringatan Nuzulul Qur’an dan Buka Bersama BKMM

Banda Aceh,ย  Badan Kemakmuran Meunasah Malikul Saleh (BKMM) mengadakan acara Nuzulul Qurโ€™an dan buka puasa bersama personel Deninteldam IM.

Pengurus Badan Kemakmuran Meunasah Malikul Saleh (BKMM) Bob Helmi mengundang personel Deninteldam IM untuk acara buka bersama dan acara Nuzulul Qurโ€™an di Lapangan Tenis M. Shaleh yang dihadiri lebih dari 150 orang tokoh masyarakat. Rabu (06/06/18)

Acara yang dimaksud ialah untuk memupuk tali silahturahmi antara masyarakat Gampong Kota Baru dengan satuan Deninteldam IM. Agar terciptanya jalinan komunikasi yang baik antara masyarakat dan TNI, guna menyongsong masa depan Aceh yang aman dan damai dengan tidak memandang perbedaan baik antara golongan, pangkat, ras dan agama.

Adapun inti dari peringatan Nuzulul Qurโ€™an itu ialah :

Ada beberapa hal yang mesti dicatat oleh tiap muslim tentang keutamaan Al-Qur’an, keutamaan membaca dan menghafalnya. Ini dalam rangka meningkatkan iman dan cinta kepada Al-Qur’an pada khususnya, serta Al-Islam secara keseluruhan.

  1. Al-Qur’an adalah kitab yang diberkahi (mubarak), pemberi cahaya (nuur), pembeda haq dan bathil (furqan), obat penyakit hati dan jiwa (syifa’ul limaa fish-shuduur), penjelas segala persoalan (al-bayan), petunjuk (al-huda) dan masih banyak nama Al-Qur’an sesuai fungsinya.
  1. Ahli Qur’an adalah sebaik-baik manusia

Rasulullah SAW bersabda, “Khairukum man ta’allamal Qur’aana wa ‘allamahu… Rawahul Bukhari… sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya… hadits riwayat Bukhari”. Orang yang belajar dan mengajarkan Al-Qur’an adalah sebaik-baik generasi, yakni generasi rabbani qur’ani, Allah Ta’ala berfirman, “jadilah kalian orang-orang (generasi) rabbani (generasi yang sempurna iman dan taqwanya), karena kalian senantiasa mengajarkan Al-Qur’an dan disebabkan kalian senantiasa mempelajarinya” (Ali Imran: 79).

  1. Ahli Qur’an digolongkan sebagai kepada Allah.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah mempunyai dua keluarga di antara manusia”. Mereka bertanya, “Siapakah mereka itu, ya Rasulullah?” Beliau bersabda, “Ahli Qur’an adalah keluarga Allah dan orang-orang yang khusus (pilihan)” (HR. Nasa’i, Ahmad dan Ibnu Majah).

  1. Menduduki kedudukan sesuai akhir ayat yang dibacanya.

Rasulullah SAW bersabda, “Dikatakan kepada orang yang beriman dengan Al-Qur’an, “Bacalah dan bacalah sekali lagi serta tartilkanlah, seperti yang lengkau akukan di dunia, karena manzilahmu (kedudukanmu) terletak di akhir ayat yang engkau baca”. (HR. Tirmidzi, Abu Dawud, Ahmad, Al-Baghawi, Ibnu Hibban, dan Hakim).

Acara yang dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama serta personel Deninteldam IM yang dipimpin oleh Kapten Inf Hardiansyah, S.Sos.