Gelar Open House, Danden Arhanud-001/Csby “Ngaku Lepat dan Laku Papat”

Loksumawe. Komandan Detasemen Arhanud-001, Mayor Arh Fredy Jaguar beserta Istri menggelar open house Hari Raya Idul Fitri 1439 H usai pelaksanaan sholat Ied bertempat di rumah dinas Komplek Asrama Denarhanud-001. (Jumat, 15/06/18)

Acara diadakan dalam rangka sillaturahmi dan halal bihalal Komandan Detasemen Arhanud-001 beserta Istri dan keluarga, kepada seluruh anggota Detasemen Arhanud-001 dan masyarakat sekitar asrama.

Dalam sambutannya, Komandan Detasemen menyampaikan beberapa filosofi mengenai Hari Raya Idul Fitri (Lebaran). “Dalam filosofi jawa, ketupat bukan hanya sekedar hidangan khas hari raya lebaran. Ketupat atau kupat dalam bahasa jawa merupakan kependekan dari Ngaku Lepat dan Laku Papat”, ungkap Mayor Arh Fredy Jaguar.

Beliau menjelaskan, Ngaku Lepat berarti mengakui kesalahan. Tradisi sungkeman menjadi implementasi ngaku lepat bagi orang jawa. Prosesi sungkeman yakni bersimpuh dihadapan orang tua seraya memohon ampun, selain itu juga mengajarkan pentingnya menghormati orang tua atau orang yang lebih dituakan dan bersikap rendah hati

Lanjut Mayor Arh Fredy Jaguar melanjutkan bahwa Laku Papat memiliki makna empat tindakan. Empat tindakan tersebut adalah Lebaran, Luberan, Leburan, dan Laburan.

Lebaran menandakan berakhirnya bulan suci ramadhan yang berarti pintu ampunan telah terbuka lebar.

Luberan bermakna meluber atau melimpah sebagai simbol ajaran bersedekah untuk kaum miskin dan sebagai wujud kepedulian kepada sesame manusia.

Leburan memiliki makna habis dan melebur yang berarti pada saat lebaran, dosa dan kesalahan akan melebur habis karena setiap umat manusia dituntut untuk saling memaafkan satu sama lain.

Laburan berasal dari kata labur atau kapur. Kapur adalah zat yang biasa digunakan untuk penjernih air maupun pemutih dinding, maksudnya adalah supaya manusia selalu menjaga kesucian lahir dan batin satu sama lain.

Setelah memberikan sambutan, beliau mempersilahkan para anggota dan warga yang hadir untuk menikmati hidangan ketupat yang telah disediakan dan acara dilanjutkan dengan halal bihalal seluruh warga Detasemen Arhanud-001.