Kodim 0111/Bireuen Rencanakan Program Opster TNI

Banda Aceh – Untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat Aceh, Kodam Iskandar Muda melalui Kodim 0111/Bireuen akan melaksanakan Program Operasi Teritorial (Opster)  TNI 2018.

“Satuan Teritorial yang melaksanakan program Opster TNI yakni Kodim 0111/Bireuen. Hari ini kita menerima paparan rencana program Opster dari Dandim 0111/Bireun, Letkol Inf Amrul Huda,” kata Pangdam IM Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin, S.H., S.I.P., M.H. di ruang Yudha, Makodam IM, Banda Aceh, Selasa (26/6/2018).

Pangdam IM mengatakan, Program ini adalah sebagai program untuk membantu  gampong-gampong di empat Kabupaten di Provinsi Aceh. Targetnya, untuk memperbaiki sarana Prasarana Jalan sebagai sarana Transportasi, yang menghubungkan suatu gampong yang trisolir agar akses jalan bagi masyarakat lebih mudah.

Tema yang diusung dalam kegiatan Opster TNI tahun 2018 kali ini adalah “Melalui Operasi Teritorial, Kita Perkokoh Persatuan Dan Kesatuan Guna Menjaga Stabilitas Nasional dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Rangka Pem-Berdayaan Wilayah Pertahanan”.

Pangdam IM Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin, S.H., S.I.P., M.H. menyampaikan, tema ini sangat tepat dan sesuai dengan situasi yang berkembang di kawasan regional dan nasional, khususnya di wilayah Kabupaten Bireuen.

Opster TNI tahun 2018 ini, yang  nantinya dilaksanakan selama 70 hari bertujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembinaan Teritorial TNI, sehingga diperoleh hasil yang maksimal serta keberhasilan pen-capaian tugas khusus dalam jangka waktu, tempat dan dukungan logistik yang telah ditetapkan.

Adapun sasaran yang harus dicapai yaitu tercapainya tugas khusus Opster TNI dalam rangka OMSP yang dilaksanakan oleh Kotama Ops TNI dan tercapainya stabilitas keamanan wilayah NKRI dari segala bentuk ancaman, yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa serta membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan di wilayah.

Opster TNI yang nantinya dilaksanakan ini diarahkan pada kegiatan fisik yaitu bersama masyarakat dan instansi terkait lainnya melaksanakan kegiatan secara bergotong-royong membangun sarana dan prasarana umum, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sedangkan kegiatan non fisik akan dilaksanakan kegiatan memberikan penyuluhan, pengobatan, pelatihan dan lain sebagainya kepada masyarakat guna meningkatkan rasa nasionalisme, wawasan kebangsaan, meningkatkan kesehatan masyarakat dan meningkatkan keterampilan masyarakat di daerah rawan dan perbatasan,” kata Pangdam IM.

Selanjutnya, Pangdam IM menerima paparan kesiapan opster TNI dan TMMD ke-102 TA. 2018 yang akan disampaikan langsung oleh Dandim 0111/Bireun.

Turut hadir Kasdam IM Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin, S.E., Irdam Kolonel Czi Firman Dahlan, S.I.P., Danrindam Kolonel Inf Niko Fahrizal, Para Danrem, Para Bupati, Para Ketua DPRK, Para Kepala Dinas Provinsi, Para Kepala Dinas Kabupaten, Direksi PT.ALafarge Cement Indonesia, LO AL, LO AU, Danlanal Sabang, Danlanud SIM, Dirbinmas Polda Aceh, Para Asisten, Para Kabalak, Para Dansat, Para Dandim, dan Para pejabat pemerintah kabubapen terkait.