Tiga Kodim akan Melaksanakan TMMD ke-102

Banda Aceh โ€“ Tiga Kodim jajaran Kodam Iskandar Muda akan melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-102 TA 2018.

โ€œAda Tiga satuan teritorial yang melaksanakan TMMD ke-102, yakni, Kodim 0113/Galus, Kodim 0115/Simeulue dan Kodim 0116/Nara,โ€ jelas Pangdam IM Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin, S.H., S.I.P., M.H. di ruang Yudha, Makodam IM, Banda Aceh, Selasa (26/6/2018).

Pangdam IM mengatakan, program TMMD juga upaya TNI mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan di daerah seluruh NKRI serta sebagai sarana untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

โ€œMelalui program ini diharapkan dapat membantuย  pemerintahย  diย  daerahย  dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bersifat fisik maupun non fisik dalam rangka mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh,โ€ harap Pangdam.

Program TMMD ke-102 yang akan dilaksanakan ini untuk meningkatkan sarana prasarana jalan, jembatan, fasilitas sosial dan umum, pembangunan irigasi, pembukaan lahan pertanian dalam rangka swasembada pangan, peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat dan lingkungan, menciptakan kesempatan kerja dan meningkatkan roda perekonomian masyarakat, meningkatkan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara, serta menumbuhkan kesadaran masyarakat berdisiplin dan tertib hukum dalam rangka meningkatkan stabilitas keamanan.

โ€œOleh karena itu, saya berharap agar terjalin kerjasama yang erat dari semua stakeholder, baik kementerian, lembaga pemerintah non kementerian, Pemda, BUMN/BUMD, swasta dan media massa, dalam menyukseskan kegiatan ini. Disamping itu juga peran media massa perlu terus di ajak untuk aktif mempublikasi kegiatan TMMD pada masyarakat,โ€ papar Pangdam IM.

Jenderal bintang dua ini menyampaikan, keberhasilan program TMMD dapat dicapai, apabila dilakukan dengan perencanaan dan pelaksanaan yang benar dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

โ€œBila ada kendala yang dihadapi hendaknya dapat di koordinasikan dengan Pemerintah Provinsi dan kabupaten, serta instansi terkait agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, sehingga mendapat hasil yang optimal,โ€ pinta Pangdam kepada Komadan Kodim yang akan TMMD ke 102.

Selanjutnya, Pangdam IM menerima paparan kesiapan TMMD ke-102 TA. 2018 yang akan disampaikan langsung Dandim 0113/Galus, Dandim 0115/Simeulue dan Dandim 0116/Nara selaku Kalakgiat program TMMD ke-102.

Turut hadir Kasdam IM Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin, S.E., Irdam Kolonel Czi Firman Dahlan, S.I.P., Danrindam Kolonel Inf Niko Fahrizal, Para Danrem, Para Bupati, Para Ketua DPRK, Para Kepala Dinas Provinsi, Para Kepala Dinas Kabupaten, Direksi PT.ALafarge Cement Indonesia, LO AL, LO AU, Danlanal Sabang, Danlanud SIM, Dirbinmas Polda Aceh, Para Asisten, Para Kabalak, Para Dansat, Para Dandim, dan Para pejabat pemerintah kabubapen terkait.