Dandim 0111/Bireuen Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Kepada Masyarakat

Bireuen –Dandim 0111/Bireuen, Letkol Inf Amrul Huda S.E., M.M., M.Sc. selaku Komandan sub Fisik Opster TNI menegaskan, pembentukan karakter masyarakat desa sangat penting dalam membangun karakter bangsa untuk memperkuat ketahanan nasional.

Ini disampaikan Dansub Fisik Opster TNI saat memberikan sosialisasi tentang wawasan kebangsaan kepada masyarakat di Desa Balee Pana Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen. Rabu (11/07/2018).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Operasi Teritorial (Opster) TNI ini, Dansub Fisik Opster TNI juga menekankan peran masyarakat dalam membentuk karakter bangsa dan masyarakat desa sebagai masyarakat dalam organisasi pemerintahan paling dasar, masih kesulitan dalam mengakses informasi dan cenderung mudah untuk terbawa isu negatif serta juga masih minimnya pengetahuan tentang wawasan kebangsaan itu sendiri.

Dalam memberikan sosialisasi, Dansub Fisik Opster TNI masih menemukan masyarakat yang tidak hafal dengan Pancasila dan dasar negera dan juga masih belum bisa membedakan antara lagu wajib dengan lagu kebangsaan.

“Masyarakat Desa harus terus dibina dan diberikan pencerahan terkait pada kebangsaan dan tekad NKRI”, Tegas Dandim.

Letkol Inf Amrul Huda S.E., M.M., M.Sc menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan menumbuhkan kembali Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air serta Ideologi Pancasila di kalangan masyarakat dalam menumbuhkan kembali jati diri bangsa di kalangan masyarakat Desa Balee Pana Kec Juli pada umumnya, sehingga mereka dapat menebarkan simbol-simbol Wawasan Kebangsaan melalui Proses Interaksi Sosial.

Oleh karena itu, ketahanan nasional mutlak senantiasa untuk dibina dan dibangun serta ditumbuh kembangkan secara terus-menerus dengan simultan dalam upaya mempertahankan hidup dan kehidupan bangsa. Lebih jauh dari itu adalah makin tinggi tingkat ketahanan nasional suatu bangsa maka makin kuat pula posisi bangsa itu di mata dunia.