Dilanda Hujan Deras, Babinsa dan Warga Pantau Debit Air Sungai

Aceh Jaya – Cuaca hujan disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Aceh Jaya telah menyebabkan beberapa pohon tumbang dan banjir kecil. Hal ini membuat seluruh Babinsa Kodim 0114/Aceh Jaya selalu memantau perkembangan situasi setiap saat.

Babinsa Koramil 01/Lamno Kodim 0114/Aceh Jaya Serda Dedi Pranata memantau perkembangan debit air sungai di Desa Lhuet Kecamatan Jaya, Sabtu (28/7/2018).

Pemantauan ini bertujuan untuk mengantisipasi jika suatu saat terjadi banjir sehingga warga dapat menyelamatkan harta benda mereka serta bersiap untuk mengungsi ke tampat yang aman.

” Kita sedang memantau ketinggian air sungai di Desa Lhuet Kecamatan Jaya untuk mewaspadai terjadinya banjir. Hujan yang turun dalam seminggu terakhir di khawatirkan akan menyebabkan terjadinya banjir. Untuk saat ini kondisi air sungai masih dalam kategori normal ” kata Serda Dedi Pranata.

Lebih lanjut Serda Dedi Pranata menghimbau kepada warga binaannya agar sama – sama siaga jika sewaktu – waktu terjadi banjir agar segera menyelamatkan harta benda.

” Saya minta kepada warga untuk siaga saat ini mengantisipasi terjadi banjir, selamatkan harta benda agar tidak rusak oleh genangan air ” kata Serda Dedi Pranata.

Terpisah Komandan Koramil 01/Lamno Kapten Inf. Mulyadi saat dihubungi mengatakan bahwa seluruh personil Babinsa Koramil 01/Lamno terjun kelapangan untuk memantau situasi dan memerintahkan untuk menghimbau warga untuk mewaspadi banjir.

” Semua Personil Babinsa sudah berada di lapangan untuk memantau kondisi. Babinsa sudah ditugaskan untuk mengimbau warga agar waspada banjir mengingat cuaca hujan yang turun dalam semingggu terakhir ” kata Kapten Inf. Mulyadi.