Sertu Miswadi Ajarkan Pembuatan Bibit Cabai yang Berkualitas kepada Petani

Aceh Timur – Sertu Miswadi yang berdinas sebagai Babinsa di Koramil 12/Sungai Raya Kodim 0104 /Aceh Timur ajari cara membuat benih bibit cabai yang berkualitas kepada petani cabai bertempat di Desa Bukit Selamat, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur, Rabu (01-08-2018).

Danramil 12/Sry Kapten Kav Khairul Nizam mengatakan, pendampingan ini bertujuan agar program pendampingan dengan petani benar-benar berjalan dengan baik.

Kami selalu akan membantu berikan motivasi kepada petani agar selalu menanam cabe sesuai dengan arahan dari Babinsa dan PPL setempat. Agar hasil panen nantinya senantiasa memuaskan, terangnya.

Miswadi menambahkan penentuan hasil cabai yang baik dan maksimal bukan hanya dari pemeliharaan dan asupan nutrisinya saja, melainkan juga harus diperhatikan dari segi benih dan varietas.

Banyak petani sekarang ini membeli benih cabai di toko-toko pertanian. Semua produk berkemasan itu menjanjikan produktivitas tinggi, kualitas cabai yang super dan lain-lain. Tapi sebenarnya petani juga bisa membuat benih cabai sendiri dengan kualitas yang tak kalah menjanjikan dari kualitas benih yang dijual di toko-toko.

Biji atau benih cabai yang akan digunakan merupakan buah yang dipetik dari tanaman induk. Induk tanaman harus memiliki ketentuan khusus agar buah dan biji cabai yang dihasilkan juga berkualitas baik, terang miswadi.