Sambut HUT TNI ke 73, Kodim 0108/Agara Upacara Sederhana

Kutacane – Bertempat di Lapangan Ahmad Yani jalan Cut anyak Dhien Kec. Babusalam Kab. Aceh Tenggara telah berlangsung upacara peringatan HUT TNI yang ke-73 yang diikuti lebih dari 400 orang.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati seluruh unsur Fokopimda, SKPD, Anggota Dewan, Veteran,  purnawirawan TNI dan Ketua PEPABRI. Jumat (05/10)

Selaku Inspektur Upacara kali ini dipimpin secara langsung oleh Kasdim 0108/Agara Mayor Inf Eduar Hendri Desky.

Dalam Amanat Panglima TNI yang dibacakan oleh Kasdim 0108/Agara Mengajak kepada seluruh prajurit,PNS dan keluarga besar TNI untuk sejenak merendahkan hati Kepada seluruh prajurit, PNS dan keluarga besar TNI diucapkan Selamat Ulang Tahun dan Dirgahayu TNI.

Tema pokok kegiatan HUT ke- 73 adalah “Profesionalisme TNI untuk Rakyat, Mengandung makna bahwa TNI yang senantiasa ditingkatkan profesionalisme melalui berbagai pendidikan, latihan, persenjataan, alusista serta dipenuhi kesejahteraannya oleh Negara, Adalah semata-mata untuk seluruh rakyat Indonesia, katanya.

tambahnya, Tugas lain yang tidak kalah pentingnya adalah membantu Pemerintah dalam mengatasi Penanggulangan bencana, aksi terorisme, penegakan hukum di laut,pengamanan wilayah udara even-even strategi nasional dan internasional.

Setiap prajurit dan PNS TNI dituntut mengedepankan tugas dan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi.

tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sbg landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas, kehidupan prajurit, kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tempatkan tugas di atas segala-galanya, karena tugas adalah kehormatan harga diri sekaligus kebanggan. Junjung tinggi nilai-nilai kebangsaan demi tetap kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa serta tetap tegakna NKRI yang berdasar Pancasila dan UUD 1945.  Pegang teguh disiplin keprajuritan dengan berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, taati hukum dan hormati hak asasi manusia.

selanjutnya, Bina soliditas satuan, tegakkan rantai komando dan mantapkan kesatuan komando di setiap strata kepemimpinan Satuan TNI, sehingga terwujud Loyalitas tegak lurus yang jelas dan tegas. Selalu hadir ditengah-tengah anggota dan  masyarakat, dengan aktif berperan menyelesaikan masalah yang dapat memberikan kontribusi positif demi kemajuan satuan.

Menyikapi Pengamana pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden Tahun 2019, kepada seluruh prajurit TNI beserta PNS TNI wajib mengedepankan netralitas TNI dalam setiap tahapan proses pemilu, dan selalu mewaspadai perkembangan di lingkungan serta melaksanakan temu cepat dan lapor cepat secara hirarkis apabila ada indikasi ketidaknetralan prajurit dan PNS TNI yang berindikasi mengarah kepada menghambat, menggangu/mengagalkan pemilu, tegasnya.

Acara tambahan dalam HUT TNI ke 73 Kodim 0108/Agara. Pemberian Piagam  penghargaan kepada Babinsa terbaik, dari anggota Kodim 0108/Agara.