KEGIATAN KB KES KODIM 0105/ABAR DI AULA KECAMATAN KAWAY XVI KAB. ABAR

Meulaboh, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Aceh Barat yang bekerjasama dengan Kodim 0105/Abar melaksanakan kegiatan pembinaan keluarga berencana dengan mengambil tema “Berama TNI kita sukseskan program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga) dalam mewujudkan penduduk berkualitas, tumbuh seimbang dan menjadi keluarga muslimin kecil bahagia sejatera, Senin (08/10/2018).

Dalam kegiatan tersebut sebagai pemateri Dandim 0105/Abar Letkol Kav Nurul Diyanto menyampaikan materi penyalahgunaan Narkoba dan HIV/AIDS.

“Zaman sekarang ini perang tidak lagi menggunakan senjata, dan saat ini perang di Indonesia sudah dimulai yaitu dengan cara memasukan Narkoba ke Indonesia. Perang semacam ini lebih berbahaya karena melemahkan generasi muda di Indonesia kalau generasi muda sudah lemah maka pihak asing dengan mudah menghancurkan Indonesia karena negara kita adalah negara yang kaya dan menjadi incaran negara asing”

Kemudian dari Kadis Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kab. Abar Ena Herisna, SKM menyampaikan mengenai masalah intrauterine device (IUD).

” KB spiral alat kontrasepsi ini sering juga disebut intrauterine device (IUD). Umumnya berbahan dasar plastik dengan bentuk seperti huruf T yang dimasukkan ke dalam rahim. Pada alat ini terdapat tali yang akan menggantung dari leher rahim ke arah vagina, didapatkan secara gratis di Puskesmas terdekat dan dapat bertahan selama 10 tahun”.

Dandim 0105/Abar menambahkan “Pada intinya TNI siap bekerja sama dalam mendukung BKKBN menyukseskan programnya. TNI akan berada di bawah kendali BKKBN dalam hal pengaturan kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga. Apapun nanti program BKKBN, TNI siap mendukung dari sisi fasilitas kesehatan sampai seluruh jajaran pihak kami,” kata Dandim.