Kasdam IM Hadiri Seminar KB FKPPI

Banda Aceh – Kepala Staf Kodam Iskandar Muda (Kasdam IM) Brigjen TNI A Dhaniel Chardin menghadiri seminar Nasional Keluarga Besar  Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (KB FKPPI) dalam rangka HUT FKPPI Aceh yang ke 40 di Balai Teuku Umar (BTU) Kodam IM, Banda Aceh, Sabtu (17/11/2018).

Acara tersebut juga dihadiri Ketua Umum FKPPI Aceh Pontjo Sutowo, Ketua  FKPPI PD 1 Dr Ir Alviansyah Yulianur BC, Ketua  Hipakat Bpk M Iqbal, Ketua  PPM M Isya Yahya, Mantan Rektor UIN Drs Handus Farid Wajidi, para  Ketua  Cabang FKPPI, serta  keluarga  besar FKPPI dan Mahasiswa/Mahasiswi Unsyiah.

Kasdam dalam sambutanya menyampaikan Netralitas TNI selama menjelang dan berlangsungnya Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Pada kesempatan tersebut, Kasdam menjelaskan bahwa Netralitas TNI yaitu TNI bersifat netral atau tidak memihak kepada salah satu Paslon/Parpol tertentu dan TNI dilarang keras menggunakan fasilitas, sarana-prasarana  serta alat peralatan TNI dalam pelaksanaan kampanye Pilpres/Pilleg.

Selain itu, anggota TNI dilarang ikut memberikan komentar, penilaian, mendiskusikan tentang Paslon/partai tertentu selama pelaksanaan Pilpres/Pilleg dan dilarang terlibat atau ikut campur dalam penetapan hasil perolehan suara selama Pilpres/Pilleg.

“Kita juga melarang anggota TNI berada di daerah Tempat Pemungatan Suara (TPS) pada saat pemungutan suara, kecuali ada penugasan khusus secara aturan hukum yang berlaku,” jelas Kasdam.

Jika ada anggota TNI yang ingin mengikuti Pilkada/Pilleg, Kasdam menjelaskan anggota TNI tersebut harus bersedia untuk mengundurkan diri (pensiun dini) dari dinas keprajuritan.

“Inilah yang dimaksud Netralitas TNI selama menjelang dan berlangsungnya Pilpres dan Pileg,” jelas Kasdam IM kepada KB FKPPI.

Menurut Kasdam, KB FKPPI Aceh selama ini sudah terbukti menjadi garda terdepan TNI – POLRI. Untuk itu, Kasdam IM meminta kepada KB FKPPI Aceh agar selalu berperan aktif dalam menjaga semangat nasionalisme dan nilai – nilai kebangsaan serta spirit nasionalisme.

“Kepada KB FKPPI Aceh tetap teguh berkomitmen menjaga dan merawat nilai-nilai kebangsaan serta menjadi perekat berbagai komponen bangsa,” pinta Kasdam.

Selain itu, juga meminta agar KB FKPPI terus mengerahkan seluruh pikiran dan tenaganya untuk selalu menegakkan NKRI, memperkokoh Pancasila dalam menjaga Bhineka Tunggal Ika dan menjamin keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Karena KB FKPPI Aceh adalah bagian dari organisasi yang mempunyai peran penting dalam menjaga keutuhan NKRI,” pungkas Brigjen TNI A Dhaniel Chardin.

Acara tersebut diakhiri penyerahan  cendra  mata  dari  ketua FKPPI PD 1 Aceh Dr Ir Alviansyah Yulianur BC Kepada  Kepala Staf Kodam Iskandar Muda Brigjen TNI  A Dhaniel Chardin.