Korem 012/TU Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam

Aceh Jaya- Wilayah Provinsi Aceh merupakan kawasan yang rawan terhadap bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan kebakaran hutan dan lahan, untuk itu satuan Korem 012/Teuku Umar yang memiliki wilayah teritorial harus mampu dan bisa mengantisipasi apabila ditugaskan perbantuan kepada pemerintah daerah dalam rangka penanggulangan bencana alam.

Untuk menunjang tugas tersebut Korem 012/TU menggelar apel latihan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam. Latihan ini akan digelar selama lima hari mulai hari Senin hingga Jumat mendatang dengan melibatkan lebih dari 300 personel terdiri dari TNI, Polri, TAGANA, BPBD, PMI dan ORARI, Senin (17/12/18).

Dalam amanat Komandan Korem (Danrem) 012/TU Kolonel Inf Aswardi, S.E. yang dibacakan Kepala Staf Korem (Kasrem) 012/TU Letkol Inf Yudiono, S.Ag., M.M menyampaikan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam ini bertujuan untuk mengantisipasi dan mengevaluasi sejauh mana kesiapan seluruh unsur yang terlibat baik unsur TNI, PEMDA maupun organisasi masyarkat guna menghadapi kemungkinan bencana yang akan terjadi diwilayahnya.

Lanjut Kasrem, khusus kepada satuan TNI kuasai dan pahami doktrin operasi, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam doktrin TNI yaitu penggunanaa kekuatan TNI tentang kebijakan perlibatan kekuatan TNI dan bantuan TNI kepada pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam.

“Sedangkan kesiapan Korem 012/TU dalam membantu penanggulangan bencana alam adalah bagaimana kita mengatur dalam membantu korban yang ada, menyalurkan logisitik dan bantuan lainya, sedangkan untuk evakuasi ada namanya tim medis/kesehatan, admin, dapur umum, ini disosialisasikan agar kehidupan masyarakat yang tertimpa musibah pulih kembali dan berjalan sebagai mana mestinya”. Pungkas Letkol Inf Yudiono, S.Ag., M.M.