Personil Kodim Aceh Jaya Ikut Apel Gelar Pasukan Lilin Rencong Tahun 2018

Aceh Jaya – Personil kodim 0114/ Aceh Jaya mengikuti kegiatan apel gelar pasukan Lilin Rencong Tahun 2018. Kegiatan ini berlangsung di halaman Mapolres Aceh Jaya, Jumat ( 21/12/2018 ).

Apel gelar pasukan ini dipimpin oleh Kapolres Aceh Jaya AKBP Eko Purwanto.

Kapolres dalam amanatyang dibacakannya mengatakan Apel gelar pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran merupakan momentum penting untuk meninjau kesiapsiagaan personel,melalukan pengecekan sarana dan prasarana pengamanan serta guna memperkuat soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pengamanan hari natal 2018 dan tahu. baru 2019.

“  Sebagaimana kita ketahui, situasi menjelang perayaan natal dan pergantian tahun merupakan momentum yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga karena diiringi pula dengan penetapan libur nasional, realitas ini memberikan dampak signifikan terhadap kehidupan bermasyarakat seperti terjadinya peningkatan intensitas kegiatan masyarakat,mobilitas moda transportasi serta peningkatan demand terhadap kebutuhan pokok khususnya bahan pangan, kondisi ini memunculkan potensi kerawanan yang harus menjadi perhatian bersama “ kata Kapolres.

“ Polri bersama segenap jajaran TNI dan stakekholders terkait lainnya menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi ” LILIN 2018 ” yang melibatkan 167.783 personel. Pengamanan operasi kepolisian terpusat ini dilaksanakan selama 10 hari sejak tgl 23 Desember 2018  sampai 1 Januari 2019 kecuali 14 Polda prioritas yakni Sumut, Lampung, Banten, Metro Jaya, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Bali, Sulut, Maluku, NTT dan papua dimana kegiatan dilaksanakan selama 12 hari terhitung sejak 21 Desember 2018 “ tambah Kapolres.

“ Polri telah menginventarisir beberapa potensi kerawanan di antaranya kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, potensi aksi terorisme, sweeping ormas dan aksi intoleransi, kecelakaan moda trasnportasi baik Darat, laut dan udara, ketesedian dan stabilitas harga pangan serta kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, peningkatan intensitas kegiatan masyarakat akan memunculkan potensi meningkatnya kejahatan konvensional seperti premanisme maupun aksi street crimes sperti pencurian, pencopetan dan sebagainya “ ujarnya.

Sementara itu kegiatan apel ini turut dihadiri oleh Bupati Aceh Jaya, Dandim 0114/Aceh Jaya diwakili oleh Plh. Pasipers Kapten Inf Samsudin, Asisten I Setdakab Aceh Jaya, Dansub POM Calang Peltu Sanusi, Kadis perhubungan Jaddal Husaini, SE.